Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Fasilitas di RSCM Kiara Setelah Selesai Direnovasi?

Kompas.com - 29/09/2021, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak (PKIA) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kiara kini telah tuntas dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Setelah rampung direnovasi, Kementerian PUPR melakukan serah terima pengelolaan kepada Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, Gedung PKIA RSCM Kiara direnovasi sejak 16 Juli 2021 dan selesai 13 September 2021.

"Biaya yang dianggarkan untuk pekerjaan ini sebesar Rp 163,94 miliar dengan output sesuai usulan dari RSCM," kata Diana dalam siaran pers, Selasa (28/9/2021).

Gedung RSCM memiliki dua ruang operatie kamer (OK) atau kamar operasi, 38 tempat tidur ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU), delapan tempat tidur ruang Intensive Care Unit (ICU).

Baca juga: 5 Agustus, Ruang Perawatan Pasien Covid-19 di RS Sardjito Siap Digunakan

Kemudian, 23 tempat tidur ruang High Care Unit (HCU), serta 286 tempat tidur di kamar isolasi.

Renovasi ini meliputi perbaikan di lantai dua ruang dokter dan poli anak, lantai 3 ruang OK dan persalinan, lantai 4 ruang NICU, ICU, dan HCU, serta lantai 5,8,9, dan 10 ruang isolasi.

Pekerjaan dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jakarta Metropolitan bersama PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana serta PT Vitama Karya sebagai konsultan manajemen konstruksi (MK).

Dengan tuntasnya renovasi ini, Kementerian PUPR pun juga menyerahkan pengelolaan sementara kepada RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Setelah serah terima pengelolaan sementara dilakukan, Gedung PKIA RSCM Kiara dapat segera dimanfaatkan dan dioperasionalkan.

“Kami ucapkan terima kasih khususnya kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pelayanan Kesehatan dan jajaran pimpinan RSCM atas dukungannya selama proses pembangunan renovasi Gedung PKIA Kiara ini," ucap Diana.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada para pekerja, tenaga ahli, dokter, dan semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan renovasi tersebut.

Sehingga, pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan dapat segera dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com