Kompas.com - 28/09/2021, 16:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo pada Rabu (22/6/2021). Dok. Humas KemenhubMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo pada Rabu (22/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo resmi dikelola oleh PT Anggrek Gorontalo Internasional Terminal (AGIT) mulai hari ini, Selasa (28/9/2021). 

AGIT merupakan perusahaan konsorsium pemenang Pengelolaan Pelabuhan Anggrek dengan skema pendanaan kreatif non-Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berpesan agar dalam pengelolannya PT AGIT dapat memperhatikan perkembangan teknologi dan trasformasi digital serta berwawasan lingkungan atau ecoport.

Menurutnya hal itu penting agar kehadiran pelabuhan dapat memberikan manfaat besar terutama  dalam meningkatkan konektivitas logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Gorontalo dan kawasan sekitarnya. 

Baca juga: KPPIP Percepat Pengembangan Pelabuhan Patimban, Begini Progresnya

Budi berpesan agar AGIT dapat menjaga komitmen dan itikad baiknya dalam melaksanakan pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Anggrek untuk 30 tahun ke depan.

"Serta tetap mematuhi aturan yang berlaku sehingga pelayanan Pelabuhan Anggrek dapat terlaksana secara efektif dan efisien,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (28/9/2021).

Budi juga meminta agar pihak pengelola dapat bersinergi terutama dengan pemerintah daerah (Pemda).

"Karena pekerjaan kepelabuhan tidak bisa dikerjakan sendiri namun dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari seluruh pihak," ujarnya.

Untuk dketahui, pada Juli 2021, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan AGIT telah menandatangani perjanjian kerjasama melalui skema KPBU.

AGIT terdiri dari sejumlah perusahaan yakni PT Gotrans Logistics International, PT Anugerah Jelajah Indonesia Logistic, PT Titian Labuan Anugrah, dan PT Hutama Karya (Persero).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.