Kompas.com - 28/09/2021, 15:00 WIB
Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) bekerjasama dengan Shipper Indonesia melakukan sosialisasi dan edukasi soal pentingnya sertifikasi halal produk. 
ShipperBadan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) bekerjasama dengan Shipper Indonesia melakukan sosialisasi dan edukasi soal pentingnya sertifikasi halal produk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) bekerja sama dengan Shipper Indonesia melakukan sosialisasi dan edukasi soal pentingnya sertifikasi halal produk. 

Sosialisasi ini dilakukan kepada pelanggan dan komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Shipper yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan amanat Undang-Undang Jaminan Produk Halal (JPH) setelah terbitnya UU 11/2020 tentang Cipta Kerja dan PP 39/2021 tentang penyelenggaran Bidang JPH, pelaksanaan sertifikasi halal di Indonesia dituntut lebih cepat dari sebelumnya.

Baca juga: Percepat Operasional Kawasan Industri Halal, Menperin Bakal Revisi Permen 17/2020

Bahkan semua produk masuk, beredar dan diperdagangkan di Indonesia wajib bersertifikasi halal selambat-lambatnya pada tanggal 17 Oktober 2024

Senior External Affairs Manager Shipper Indonesia, Wilson Andrew mengatakan dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi ini diharapkan para pelaku UMKM lebih memahami ketentuan seputar sertifikasi halal.

“Diharapkan para pelaku UMKM dapat lebih memahami tentang ketentuan dan persyaratan seputar pelaksanaan sertifikasi halal yang harus dilalui oleh UMKM berdasarkan UU No.11/2020 dan PP No.39/2021,” ujar Wilson dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Sementara itu Koordinator Bidang Registrasi Halal BPJH Ahmad Sukandar mengatakan, tujuan penyelenggaraan jaminan produk halal adalah untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat.

“Kami juga ingin meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal,” ujar Ahmad.

Pemerintah melalui Kementerian Agama baru-baru ini juga meluncurkan program Sertifikasi Halal Gratis atau SEHATI yang diperuntukkan bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Sebagian besar pelaku UMK belum memiliki sertifikasi halal. Melalui sertifikasi halal gratis ini, diharapkan makin banyak UMK yang bisa menembus pasar halal global.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.