Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Fasad Lama, Bangunan Ini Direkonstruksi Lebih Kontemporer

Kompas.com - 26/09/2021, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan nilai sejarah suatu bangunan.

Salah satunya dengan mempertahankan beberapa bagian lama bangunan dan kemudian direkonstruksi.

Hal ini pula yang berhasil dilakukan oleh firma arsitek Jepang, yHa, melalui proyek terbaru mereka “Tetusin Design Re-use Office”.

Baca juga: Delapan Fakta dan Misteri tentang Arsitektur Mesir

Proyek baru ini memanfaatkan fasad asli dari fasilitas kesejahteraan Matsuhama Universitas Kyushu yang telah dibangun sejak tahun 1928.

Bagian depan gedung universitas tua berdiri di samping rangka baja untuk proyek terbaru arsitek yHa di fukuoka, Jepang. 

Alih-alih melestarikan bangunan ini sepenuhnya, arsitek yHa lebih memilih fasa bangunan asli yang memiliki gaya arsitektur barat dan melapisinya dengan elemen kontemporer.

Bangunan yang direkonstruksi menggunakan fasad dari asilitas kesejahteraan Matsuhama Universitas Kyushu yang telah dibangun sejak tahun 1928. Bangunan ini dirancang oleh studio Arsitek Jepang, yHa. Design Boom Bangunan yang direkonstruksi menggunakan fasad dari asilitas kesejahteraan Matsuhama Universitas Kyushu yang telah dibangun sejak tahun 1928. Bangunan ini dirancang oleh studio Arsitek Jepang, yHa.
Seperti dikutip dari Design Boom, para arsitek pun memasukan tiga elemen penting dalam proyek baru ini.

Masing-masing adalah 'memori perkotaan' dari fasad, 'memori spasial' dari tangga, dan 'ingatan material' dari karakteristik ketinggian.

Fasad gedung lawas yang digunakan tersebut setinggi tiga lantai dan memiliki warna-warna lembut seperti bangunan universitas asli.

Sementara rangkaian baja dipasang di samping fasad, untuk menampilkan bentuk atap pelana.

Di belakan fasad, bangunan baru di bangunan yang lebih rendah dibangun. Interior bangunan ini ringan dan lapang namun masih memiliki sentuhan bangunan lama.

Gedung dengan desain kontemporer ini memiliki jendala besar dari lantai ke langit-langit gedung. Atap tembus pandang juga dipasang untuk membuat bangunan tampak bersinar di malam hari.

Gedung yang telah direnovasi ini terletak dekat dengan Kuil Hakozaki di Fukuoka, Jepang. Bagian dalamnya terdiri dari kantor di lantai 1 dan ruang tamu di lantai 2.

Konsep proyek renovasi gedung fasilitas kesejahteraan Matsuhama Universitas Kyushu ini bisa diadopsi bagi Anda yang ingin merekonstruksi bangunan lawas namun tetap ingin membuat desainnya modern. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com