Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Arsitektur Menara Masjid, Simbol Peradaban Islam

Kompas.com - 10/09/2021, 19:30 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Arch Daily

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengeksplorasi alasan di balik penggunaan menara dan bagaimana fungsinya telah berkembang secara budaya dan arsitektur.

Mosque of Kairouan, Tunisia Mosque of Kairouan, Tunisia

Arsitektur Islam telah lama diakui sebagai salah satu tipologi paling signifikan dan berpengaruh dalam menafsirkan ajaran dan keyakinan inti agama ke dalam struktur.

Arsitektur khas masjid terdiri dari halaman terbuka, arcade, ruang sholat, dan menara.

Mengutip Arch Daily, salah satu karakteristik arsitektur yang paling mencolok di dunia Islam adalah fokus pada ruang interior. 

Baik itu organisasi tata letak interior yang metodis untuk memanfaatkan cahaya alami dan ventilasi atau detail ornamen yang rumit melalui ukiran dan lukisan, kontras antara eksterior dan interior sangat terasa.

Baca juga: Cantiknya Gargash, Masjid Pertama di Dubai yang Dirancang Perempuan Arsitek

Namun, satu fitur arsitektur tertentu menentang norma kesopanan fasad, dan berdiri sebagai pernyataan visual yang kuat dari kehadiran Islam.

Salah satu simbol yang paling kuat dalam Islam terletak pada menara masjid. Struktur khasnya memperkuat kehadiran Islam sebagai titik fokus, membimbing orang menuju ruang untuk beribadah.

Struktur kubah termasuk dinding kiblat (menghadap Mekkah), mihrab, ceruk setengah lingkaran yang ditempatkan untuk Imam masjid dalam memimpin shalat dan mimbar, dan tempat duduk yang ditinggikan untuk Imam.

Di luar fungsi religiusnya sebagai tempat ibadah, masjid memiliki nilai budaya dan sosial, karena menyediakan tempat untuk pertemuan sosial, pendidikan dan filantropi.

Pada masa awal Islam, adzan dilakukan di titik tertinggi masjid, dan karena belum memiliki sarana teknologi untuk memperkuat jangkauan suara, arsitektur masjid dan lokasinya sangat berpengaruh pada bagaimana suara sedang ditransmisikan ke seluruh area.

Menara masjid pertama terinspirasi dari menara pengawas Yunani. Menara dibangun dengan mendirikan struktur serupa yang berdekatan dengan masjid, memberikan muadzin platform yang lebih tinggi.

Baca juga: Ada yang Dibangun oleh Sahabat Nabi SAW, Ini Empat Masjid Tertua di China

Beberapa ahli percaya bangunan struktur demikian tinggi, itu berubah menjadi serangkaian tumpukan persegi, heksagonal, oktagonal, atau melingkar dengan balkon dan relung.

Menuju puncak, menara dibiarkan sebagai platform terbuka, atau disegel dengan kubah atau elemen seperti kerucut.

Untuk lebih menonjolkan kehadiran struktural dan visualnya, bagian tertinggi menara, dihiasi dengan ukiran, cat, atau bahan reflektif.

Masjid dapat memiliki hingga enam menara, tergantung pada ukuran dan keunggulan visualnya terhadap lingkungannya.

Dalam hal akses, muadzin dapat mencapai tingkat tertinggi melalui tangga di luar maupun di dalam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com