Versi Lama Ditutup Per Hari Ini, Sistem Informasi Bangunan Gedung Terbaru Bisa Digunakan

Kompas.com - 01/08/2021, 13:51 WIB
Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) simbg.pu.go.idSistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG)

 JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran akun Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) versi lama akan ditutup per hari ini pukul 23.59 WIB, Minggu (01/08/2021)

Dengan begitu permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) melalui SIMBG versi lama sudah tidak bisa dilakukan pada 2 Agustus 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai gantinya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah meluncurkan SIMBG versi terbaru.

Dilansir dari simbg.pu.go.id, permohonan perizinan bangunan melalui SIMBG versi terbaru sudah dapat dilakukan sejak diluncurkan yaitu pada Jumat (30/07/2021).

Baca juga: Kini, Urus Perizinan Bangunan Rumah Bisa Online, Cuma 3 Hari

Pemohon dan Pemerintah Daerah dapat menggunakan SIMBG baru untuk melaksanakan proses penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) setelah pelaksanaan peluncuran (launching) SIMBG baru pada tanggal 30 Juli 2021 melalui tautan simbg.pu.go.id.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan diluncurkannya SIMBG versi terbaru merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UUCK) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 sebagai payung hukum penyelenggaraan bangunan gedung di Indonesia.

SIMBG versi terbaru memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat salah satunya yaitu mempersingkat waktu proses perizinan bangunan.

Menurut Diana, sebelum ada SIMBG versi terbaru, izin bangunan rumah dapat memakan waktu hingga 2 sampai 3 bulan lamanya.

Baca juga: Cara Mengajukan Permohonan Perizinan Bangunan Gedung Melalui SIMBG

Sementara SIMBG versi terbaru, izin bangunan seperti rumah berukuran 70 meter persegi atau rumah dua lantai dengan ukuran 90 meter persegi itu dapat dilakukan hanya dalam waktu tiga hari.

"Saya harapkan tiga hari sudah selesai tetapi dengan catatan adalah bahwa semua dokumen-dokumen yang diperlukan itu sudah siap semuanya jadi argonya bisa jalan kemudian tinggal nanti pembayaran retribusi dan selesai dalam jangka waktu tiga hari," kata Diana dalam peluncuran SIMBG versi terbaru secara virtual, Jumat (30/07/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.