Robot Ini Bisa Bikin Pasta Lebih Enak dari yang Anda Harapkan

Kompas.com - 01/08/2021, 07:00 WIB
Robot yang sedang mempersiapkan pasta di The Riga Cafe, Latvia. Daily SabahRobot yang sedang mempersiapkan pasta di The Riga Cafe, Latvia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu yang berlokasi di ibu kota Latvia, Riga, memiliki cara unik untuk menyediakan makanan bagi para pelanggannya lantaran menggunakan robot untuk memasak.

The Riga Cafe, merupakan kafe yang terletak di bawah jembatan beton yang runtuh dan dirancang sedemikian rupa sehingga pelanggan dapat mengamati lengan robot di tempat kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pelanggan hanya perlu menunggu selama lima menit saja dan sepiring pasta panas pun akan siap. 

Di kafe tersebut juga terdapat area tempat duduk, meskipun sebagian besar pelanggan lebih suka membawa pulang pesanan mereka sebab perlu sertifikat vaksinasi untuk makan di lokasi.

Baca juga: Kafe Robot Ini Dioperasikan dari Jarak Jauh oleh Penyandang Disabilitas

Dikutip dari Daily Sabah, kafe ini menggunakan aplikasi Roboeatz yang memungkinkan pelanggan memesan dan membayar hidangan mereka sebelum mengambilnya di kafe.

"Makanannya terasa lebih enak dari yang saya harapkan!" kata salah seorang pelanggan, Iveta Ratinika, yang juga berprofesi sebagai seorang guru.

Roboeatz didirikan pada Januari 2018 oleh Konstantins Korcjomkins dan Janis Poruks, yang telah menjalankan rantai makanan cepat saji Woki Toki di Latvia sejak 2009.

Tujuan mereka menciptakan aplikasi ini adalah untuk merevolusi industri makanan cepat saji yang selama ini memerlukan banyak tenaga kerja.

"Robot ini menggantikan empat hingga enam karyawan manusia sehingga kami bisa mengurangi biaya tenaga kerja secara signifikan," kata Poruks.

Namun dia menekankan bahwa penggunaan robat itu tidak akan menaikan tingkat pengangguran karena ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh robot.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.