Swedia Berisiko Merugi Rp 33,9 Triliun Per Bulan Akibat Penutupan Pabrik Semen

Kompas.com - 28/07/2021, 22:00 WIB
Pabrik semen Cementa di Swedia dezeen.comPabrik semen Cementa di Swedia

JAKARTA, KOMPAS.com - Swedia tengah menghadapi dampak ekonomi sangat serius karena peraturan lingkungan yang mengancam keberadaan pabrik semen di negara tersebut.

Dilansir Dezeen, Byggföretagen yang merupakan Aliansi Badan Konstruksi Swedia menilai penutupan pabrik semen terbesar di Swedia dengan alasan lingkungan dapat menyebabkan 400.000 orang kehilangan pekerjaan dan menghapus pertumbuhan PDB negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, sebanyak tiga perempat pekerjaan proyek pembangunan rumah dan sektor konstruksi bisa terhenti dan mengakibatkan kerugian mencapai Rp 33,4 triliun per bulannya.

"Swedia menghadapi penghentian konstruksi yang ekstensif. Pada November 2021, tiga dari empat rumah baru tidak akan dapat memulai konstruksi," kata CEO Byggföretagen Catharina Elmsäter-Svärd.

Baca juga: Nanomaterial Bisa Bikin Semen Lebih Tahan Lama

Byggföretagen merilis dampak yang akan terjadi tersebut setelah dikeluarkannya keputusan Mahkamah Agung Swedia dan Pengadilan Lingkungan pada pekan lalu untuk menolak izin pertambangan baru untuk pabrik semen Cementa di Slite, Gotland Swedia.

Cementa sendiri merupakan satu-satunya produsen semen di Swedia. Cementa juga memiliki pabrik semen kedua yang lebih kecil di selatan negara itu.

"Ditolak karena kekhawatiran atas penilaian dampak lingkungan pabrik, terutama yang berkaitan dengan dampak terhadap air tanah," ungkap dia.

Catharina mengatakan, Greenpeace juga menuduh pabrik tersebut menggunakan tungku pembakarannya untuk membakar limbah beracun tanpa izin.

Pabrik semen Cementa di Swediadezeen.com Pabrik semen Cementa di Swedia
Sektor kontruksi berkontribusi 11 persen terhadap PDB Swedia

Catharina menuturkan bahwa selama ini industri sektor konstruksi berkontribusi besar yaitu sekitar 11 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Swedia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.