Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tempat di Madrid Masuk Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO

Kompas.com - 28/07/2021, 20:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - United Nations Educational Scientific Cultural Organization (UNESCO) telah menetapkan dua tempat di Madrid, Spanyol sebagai daftar baru situs warisan budaya dunia.

Kedua tempat di Madrid yang masuk deretan terkini situs warisan budaya dunia UNESCO adalah Retiro Park dan Paseo del Prado Boulevard.

Melansir English El Pais, dua tempat ini ditetapkan sebagai situs baru warisan budaya dunia pada Minggu (25/07/2021) waktu setempat.

Masuknya Retiro Park dan Paseo del Prado Boulevard menjadikan Spanyol sebagai negara dengan jumlah situs warisan budaya dunia terbanyak nomor tiga di dunia setelah Italia dan China.

Baca juga: Quanzhou Resmi Jadi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO

Hal ini menjadi berita menggembirakan bagi Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez seperti yang dia ungkapkan dalam akun Twitter resmi @sanchezcastejon

"Pengakuan yang layak atas ruang di ibu kota yang memperkaya warisan sejarah, seni, dan budaya kami," tutur Sánchez.

Retiro Park merupakan taman hijau seluas 118 hektar di pusat kota Madrid yang menjadi primadona para wisatawan.

Sementara Paseo del Prado Boulevard merupakan jalan raya yang didalamnya menyimpan ragam musuem, air mancur Fuente de Cibeles, dan alun-alun Plaza de Cibeles.

Demi mendapatkan status warisan budaya dunia, Spanyol harus mendapatkan setidaknya dua per tiga dukungan dari komite UNESCO atau 15 dari total 21 suara.

Pejalan kaki di Paseo del Prado Boulevard, Madrid, Spanyol.english.elpais.com/Victor Sainz. Pejalan kaki di Paseo del Prado Boulevard, Madrid, Spanyol.
Hingga akhirnya, Spanyol mendapatkan 15 suara yang berasal dari Brazil, Ethiopia, Saudi Arabia, Thailand, Uganda, Rusia, Kirgiztan, Oman, Mali, Nigeria, dan masih banyak lagi.

Sebelum pemungutan suara dilakukan, International Council on Monuments and Sites (ICOMOS) sebagai organisasi penasihat UNESCO menentang pertimbangan kedua tempat tersebut sebagai bagian dari situs warisan budaya dunia baru.

Baca juga: Venesia Terancam Dicoret dari Situs Warisan Dunia, Kapal Pesiar Dilarang Masuk

Alasannya, tidak ada pembenaran historis kedua tempat tersebut bisa dipasangkan untuk masuk jajaran tersebut.

Laporan ICOMOS juga mengecam terkait polusi udara di sekitar lokasi kedua tempat itu.

Untuk mengatasi masalah ini, Balai Kota Madrid mengindikasikan rencananya untuk mengurangi lalu lintas (lalin) mobil dan mengatur jalan bagi para pejalan kaki.

Setiap tahun, UNESCO mengevaluasi 25 proposal untuk penambahan Daftar Warisan Dunia baru.

Dalam kasus Paseo del Prado Boulevard dan Retiro Park, situs tersebut dinilai dapat membuktikan adanya pengaruh arsitektur yang cukup besar dan menjadikan representatif dari bentuk konstruksi atau kompleks jika dikaitkan dengan zaman sekarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com