Kompas.com - 06/07/2021, 14:00 WIB
Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid Kementerian PUPRDirektur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan berupaya mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) di daerah tersebut pada masa pandemi ini.

Sejak tahun 2020 tercatat 12.439 unit RTLH yang tersebar pada 14 kecamatan dan 75 nagari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, pemerintah akan berupaya mendorong pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) agar masyarakat ikut terlibat dalam meningkatkan kualitas rumah yang dimilikinya.

“Program BSPS atau yang lebih dikenal sebagai bedah rumah ini merupakan program perumahan yang diminati karena memang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Selasa (06/07/2021).

Menurut Khalawi, dalam pelaksanaan Program BSPS, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat agar bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran.

Baca juga: Meski Pandemi, Pemda Bisa Ajukan Usulan Bantuan Rumah Lewat Aplikasi Sibaru

Sedangkan dalam proses pembangunannya, melibatkan kelompok kecil masyarakat dan bergotong royong dengan pendampingan tenaga ahli yang ditugaskan di lapangan.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera III Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Zubaidi menerangkan, salah satu lokasi pelaksanaan Program BSPS adalah di Kabupaten Tanah Datar.

Program BSPS selain meningkatkan kualitas RTLH menjadi hunian yang layak juga meningkatkan taraf kesejahteraan msyarakat.

Pada 2020, Kabupaten Tanah Datar mendapatkan bantuan Program BSPS untuk peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 25 unit.

"Tahun ini kami juga sudah menerima usulan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan akan ditindaklanjuti untuk menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan program tahun 2022 mendatang,” ujar Zubaidi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.