Kompas.com - 06/07/2021, 11:07 WIB
Kegiatan magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kementerian ATR/BPN diikuti 1.621 mahasiswa Kementerian ATR/BPNKegiatan magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kementerian ATR/BPN diikuti 1.621 mahasiswa

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) memulai pelaksanaan Kegiatan Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Senin (05/07/2021).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah yang juga menjadi pilot project di lembaga/instansi lainnya dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami sudah melaporkan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbud-Ristek), untuk bisa secara bersama-sama diawasi karena ini menjadi program nasional,” kata Kepala PPSDM Deni Santo dalam keterangannya, Selasa (06/07/2021).

Selama kegiatan magang, mahasiswa akan dinilai berdasarkan indikator kerjanya. Para mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih satuan kerja yang diminati.

Baca juga: Tak Sama dengan BUMN, Badan Bank Tanah Bukan Lembaga Profit

Seluruh satuan kerja akan memperlakukan mahasiswa magang sama dengan pegawainya.

Kementerian ATR/BPN akan memberikan dua sertifikat, yaitu sertifikat pelatihan dan sertifikat magang sebagai bekal para peserta magang untuk menghadapi dunia kerja.

“Sertifikat itu berisi kompetensi apa saja yang didapatkan. Itu akan menjadi referensi untuk melamar pekerjaan,” imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi PPSDM Bambang Gunawan melaporkan, tercatat 8.000 pendaftar kegiatan magang MBKM.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.621 mahasiswa mendapatkan rekomendasi dari universitas untuk mengikuti MBKM di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Tugas peserta magang, melaksanakan program magang sesuai dengan etika dan profesionalisme, sesuai dengan arahan pembimbing yang telah ditentukan atau ditugaskan.

Kemudian melaporkan setiap kegiatan magang secara teratur kepada mentor dan pembimbing dengan mengisi log book, lalu membuat laporan akhir pelaksanaan magang dan mempresentasikannya pada akhir pelaksanaan magang.

Sebagai informasi, peserta magang MBKM Kementerian ATR/BPN ini akan disebar ke seluruh satuan kerja di pusat maupun daerah.

Rangkaian kegiatan berlangsung selama tiga bulan, dengan jadwal antara lain

  1. 5 Juli hingga 14 Juli 2021, mengikuti pelatihan secara blended learning melalui zoom meeting
  2. 15 Juli 2021, mengikuti launching program MBKM secara virtual
  3. 19 Juli hingga 1 Oktober 2021, pelaksanaan kegiatan magang sesuai satuan unit kerja masing-masing
  4. 4 Oktober hingga 8 Oktober 2021, penyusunan laporan akhir kegiatan magang
  5. 11 Oktober hingga 15 Oktober 2021, presentasi hasil laporan kegiatan magang
  6. 20 Oktober 2021, penyerahan sertifikat dan pengembalian mahasiswa magang.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.