Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lagi Kumuh, Jembatan Penyeberangan Senen Tampil Cantik dengan LED

Kompas.com - 29/06/2021, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Signify baru-baru ini turut terlibat dalam mendukung proyek revitalisasi jembatan penyeberangan di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Signify memasang pencahayaan LED terkoneksi baru pada titik penting di area tersebut seperti jembatan penyeberangan Senen Extension, jembatan penyeberangan Senen Atrium, dan underpass Senen.

Kehadiran LED ini tidak hanya diharapkan membuat kawasan ini lebih terang dan menarik namun juga bisa membantu mengurangi tingkat kejahatan di sana.

Baca juga: Mana Jembatan Terpanjang di Indonesia, Suramadu atau Batam-Bintan?

“Tiga lokasi pemasangan LED terkoneksi dinamis ini adalah titik-titik yang sangat penting bagi masyarakat di sekitar Senen karena merupakan jembatan penyebrangan,” ujar Country Leader Signify Indonesia Dedy Bagus Pramono dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (29/06/2021).

Jembatan-jembatan penyeberangan tersebut menghubungkan beberapa area dengan halte TransJakarta.

Pemasangan lampu LED oleh Signify  di jembatan penyeberangan di kawasan Senen, Jakarta PusatSignify Pemasangan lampu LED oleh Signify di jembatan penyeberangan di kawasan Senen, Jakarta Pusat
Adanya lampu LED membuat jembatan lebih terang sehingga bisa membantu meningkatkan keamanan lalu lintas.

“Keselamatan selalu menjadi salah satu pertimbangan kami ketika membuat konsep pencahayaan di fasilitas umum, sehingga bisa memenuhi peran fungsional maupun estetika.” Jelas Pramono.

Baca juga: Mengupas Desain Jembatan Batam-Bintan Sepanjang 14,763 Kilometer

Setelah direvitalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta, jembatan penyeberangan Senen kini memiliki tampilan artistik baru bergaya modern sekaligus etnik dengan ornamen Betawi yang mewakili budaya Jakarta.

Di area tesebut, Signify memasang total 184 unit Philips UniFlood M, lampu tembak LED modular, berbentuk persegi panjang.

Lampu arsitektural berperingkat eksterior ini memang dirancang untuk aplikasi pencahayaan tembak luar ruangan, lanskap, dan fasad ini juga hemat biaya. Lampu ini cocok digunakan karena bisa menonjilkan keunikan fasad jembatan, serta menerangi underpass.

Signify memasang total 184 unit Philips UniFlood M, lampu tembak LED modular, berbentuk persegi panjang.Signify Signify memasang total 184 unit Philips UniFlood M, lampu tembak LED modular, berbentuk persegi panjang.
"Pencahayaan LED yang disediakan oleh Signify Indonesia sangat efisien untuk fasad bangunan dan penerangan jalan,” kata Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho.

Kombinasi teknologi pencahayaan RGB dinamis dan desain pencahayaan membuat infrastruktur lebih menarik.

"Kami harap tampilan baru kawasan Senen ini dapat menginspirasi masyarakat untuk mengembangkan daerah lain juga," tambah Hari.

Kawasan Senen kerap dianggap sebagai kawasan kumuh padat penduduk yang memiliki tingkat krimalitas tinggi.Pencahayaan yang buruk memperburuk keadaan di malam hari.

Dengan pencahayaan baru yang dipasang, jembatan penyeberangan menjadi lebih terang dan lebih berwarna, sehingga membantu mengubah persepsi buruk tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com