Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Tua, Tips Cerdas Ini Bisa Diterapkan untuk Dekorasi Kamar Anak

Kompas.com - 22/06/2021, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Livespace

KOMPAS.com - Mendekorasi kamar anak merupakan suatu tantangan tersendiri bagi Anda, sebagai orang tua.

Tak hanya menyiapkan ruangan yang nyaman, pemilihan furnitur yang tepat pun wajib dilakukan.

Agar desain yang Anda rancang bisa bertahan dalam beberapa tahun ke depan, berikut beberapa tips cerdas yang bisa dilakukan.

Tonjolkan kesan ceria

Sangat penting untuk menonjolkan kesan ceria pada kamar anak. Hal ini dipercaya akan berpengaruh terhadap mood anak sepanjang hari.

Pilih warna-warna cerah seperti kuning pastel atau biru muda agar ruangan terasa lebih segar. Anda bisa meminta pendapat anak mengenai warna kamar yang ia inginkan.

Gunakan seprei warna-warni, kerai, permadani, dan lukisan di dinding untuk mencerahkan kamar anak. Anda juga bisa membuat pola tertentu, misalnya garis-garis atau polkadot.

Jangan lupa masukan selera anak ke dalam elemen dekorasi. Misalnya tambahkan stiker atau wallpaper tokoh kartun favorit pada dinding atau lemari.

Maksimalkan area penyimpanan

Area penyimpanan merupakan komponen penting dalam kamar si kecil. Terlebih barang-barang anak yang cenderung banyak, butuh tempat penyimpanan yang cukup.

Anda bisa memilih furnitur yang fungsional seperti tempat tidur yang memiliki laci di bawahnya. Laci tersebut bisa difungsikan untuk menyimpan beragam  mainan.

Gunakan karpet

Kehadiran karpet dalam sebuah ruangan dapat memberi kesan hangat. Tak hanya sebagai elemen dekorasi, karpet juga bisa menjadi area bermain dan belajar anak.

Letakkan karpet samping tempat tidurnya. Ia bisa leluasa berbaring memainkan beberapa permainan seperti menyusun puzzle atau sekadar duduk dan membaca buku.

Jika anak Anda masih kecil, Anda dapat menggunakan double tip untuk menjaga karpet tetap di tempatnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com