Jadi Kontraktor Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Waskita Kunjungi Abu Dhabi

Kompas.com - 22/06/2021, 13:00 WIB
President Director PT Waskita Karya (Persero) Tbk Destiawan Soewardjono sedang melihat-lihat bangunan Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Dok. PT Waskita Karya (Persero) Tbk.President Director PT Waskita Karya (Persero) Tbk Destiawan Soewardjono sedang melihat-lihat bangunan Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah ditunjuk sebagai kontraktor pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Masjid ini merupakan replika dari Sheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) ini dikerjakan Waskita selama 15 bulan dan akan selesai pada akhir Agustus Tahun 2022.

Untuk mengetahui detail Masjid Sheikh Zayed tersebut, President Director Waskita Karya Destiawan Soewardjono terbang ke Abu Dhabi pada awal Juni lalu.

Kunjungan ini merupakan undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abu Dhabi, UEA.

"Sungguh ada kemegahan terasa begitu kami menginjakkan kaki di masjid tersebut," tutur Destiawan dalam keterangan tertulis, Selasa (22/06/2021).

Destiawan mengatakan, arsitektur Sheikh Zayed Grand Mosque didominasi warna putih, baik fasad, kubah, hingga menara.

Masjid Sheikh Zayed sendiri terinspirasi oleh pengaruh arsitektural Mughal (India, Pakistan, Bangladesh) dan Mooris (Maroko).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dibangun dengan 82 kubah bergaya Maroko, keseluruhan arsitektur Sheikh Zayed Grand Mosque dihias dengan batu pualam putih.

Lengkap dengan pelataran tengah sebagaimana arsitektur Masjid Badshahi di Kota Lahore, Pakistan yang bergaya Mughal.

Baca juga: Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dibangun Waskita, Tuntas Agustus 2022

Kubah utama masjid ini berdiameter 32,8 meter dan setinggi 55 meter dari dalam atau sekitar 85 meter dari luar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X