Perancang Markas Besar FBI, Helmut Jahn Meninggal Dunia

Kompas.com - 12/05/2021, 20:00 WIB
Arsitek Helmut Jahn meninggal dunia pada usia 81 tahun. www.nbcnews.comArsitek Helmut Jahn meninggal dunia pada usia 81 tahun.

KOMPAS.com - Arsitek asal Jerman yang terkenal karena desain arsitektur post modern, Helmut Jahn, meninggal dunia pada usia 81 tahun, Sabtu (08/05/2021) waktu setempat.

Penyebab kematian Jahn diketahui karena ditabrak oleh dua kendaraan saat dia sedang mengendarai sepeda di Campton Hills, hampir 1 kilometer dari Chicago.

Melansir NBC News, Jahn ditabrak oleh dua kendaraan berlawanan arah setelah dia gagal berhenti di persimpangan.

Salah satu pengemudi yang menabrak Jahn pergi dari lokasi kejadian tanpa mengalami luka-luka, sementara satu lagi dirawat karena cedera.

Meski begitu, pihak kepolisian setempat tidak menyebutkan nama dua orang yang telah merenggut nyawa arsitek kenamaan tersebut.

Jahn terkenal di Chicago dan di seluruh dunia berkat hasil karya arsitektur post modern yang inovatif.

Misalnya, dia merancang salah satu bangunan paling kontroversial di Chicago yaitu Gedung James R Thompson sebagai kantor Pemerintah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Atas kabar duka ini, Wali kota Chicago Lori Lightfoot menyampaikan belangsungkawa kepada keluarga dan mengenang karya yang telah dihasilkan Jahn.

"Jahn adalah salah satu arsitek Chicago paling inventif yang sangat berpengaruh terhadap rancangan cakrawala hingga Terowongan O'Hare yang tidak akan terlupakan. Jejak arsitekturalnya akan dirasakan dan dilihat di seluruh dunia untuk generasi mendatang," tulis Lori dalam akun Twitter resminya, @chicagosmayor, Minggu (09/05/2021).

Baca juga: Pendiri Kantor Arsitektur Terbesar Dunia, Art Gensler Tutup Usia

Selain kedua karya tersebut, Jahn juga merancang jalan setapak penuh warna Terminal United Airlines di Bandara Internasional O'Hare Chicago.

Halaman:


Sumber NBC News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X