Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Ajak Pemkot Medan Kolaborasi Majukan Sektor Perkeretaapian

Kompas.com - 12/05/2021, 19:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima kunjungan Vice President PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara Daniel Johannes Hutabarat di rumah dinasnya.

Selain silaturahim, Daniel menyampaikan kepada Bobby kondisi dan jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi darat, baik dari maupun menuju Kota Medan.

Dia juga ingin membangun kerja sama pengelolaan area bawah jalan layang menjadi park and ride. Hasilnya akan memperindah kota dan dapat dimanfaatkan masyarakat.

"Kami yakin, kolaborasi dapat memajukan sektor perkeretaapian di Sumut, terutama di Kota Medan," kata Daniel dikutip dari rilis Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Medan, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Kelola Kawasan Kesawan, Pemkot Medan Gandeng BPK2L Semarang

Bobby menyambut ajakan tersebut, untuk mengembangkan perkeretaapian di Kota Medan memang membutuhkan kolaborasi dan kerja sama.

Pemkot Medan siap mendukung PT KAI Divre I Sumut melakukan aktivasi operasi, terutama di kawasan Medan, Binjai, Deliserdang, dan Karo (Mebidangro).

Dengan begitu, kereta lokal tujuan Medan-Belawan, Medan-Lubukpakam, terutama re-aktivasi Medan-Delitua dapat terealisasi.

Begitu pula dengan jalur Medan-Binjai yang sudah beroperasi akan ditingkatkan lagi.

Bobby juga memberikan ide untuk membangun rumah susun (rusun) di pinggiran jalur rel kereta api supaya masyarakat yang bermukim dapat lebih nyaman, tertib dan tertata.

"Tentunya dalam merealisasikan ini harus mengikuti mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan peraturan perundangan," kata Bobby.

Rute pengurai macet

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat menerima audiensi Daniel di rumah dinasnya beberapa waktu lalu juga mengajak PT KAI bekerja sama dan berkontribusi dalam penataan Kota Medan menjadi kota yang tertib, nyaman dan indah.

Hal ini terkait beberapa lahan milik PT KAI yang perlu ditata estetikanya agar lebih menarik lagi.

Baca juga: Wali Kota Medan Bobby Nasution Akan Normalisasi Sungai, Siapkan Relokasi

"Ayo kita tata yang punya kereta api, saya support. Untuk kereta api, Anda harus memprioritaskan program dan anggaran yang nantinya kita satukan. Saya mau duduk bersama secara teknis, yang perlu penertiban kita tertibkan," ucap Edy.

Edy mengatakan, ada beberapa wilayah di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang yang akan ditata, di Kota Medan yakni Lapangan Merdeka dan Polonia.

Di Deliserdang yaitu pembangunan jalur kereta api di Delitua serta jalur yang melintas ke sport center.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com