Transjakarta Sediakan Empat Layanan Khusus untuk Feeder Stasiun KCI

Kompas.com - 04/05/2021, 15:00 WIB
Bus transjakarta D21 yang sedang melintas di depan Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Kompas.com/Alsadad RudiBus transjakarta D21 yang sedang melintas di depan Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan empat layanan khusus di empat stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) dari danmenuju Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Hal ini sebagai tindak lanjut dari arahan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menyediakan bus pengumpan bagi masyarakat menyusul keputusan Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang tidak berhenti di Stasiun Tanah Abang sejak Senin (03/05/2021).

Penyediaan layanan khusus ini juga tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Nomor 179 tahun 2021 tentang Penugasan Kepada Perseroan Terbatas Transportasi Jakarta untuk Penyediakan Layanan Bus Transjakarta Gratis Pendukung Kegiatan Penutupan Operasional di Stasiun Tanah Abang.

Keempat layanan khusus tersebut yakni Stasiun Tanah Abang-Stasiun Palmerah (TNB 1), Stasiun Tanah Abang-Stasiun Gondangdia (TNB 2), Stasiun Tanah Abang-Stasiun Duri (TNB 3), dan Stasiun Tanah Abang-Stasiun Karet (TNB 4).

Baca juga: Transjakarta Perbarui Fitur Pembelian Tiket Tije Apps

Untuk rute-rute tersebut, Transjakarta menyediakan 20 unit bus yang akan melayani masyarakat mulai 3-12 Mei 2021 dan beroperasi pukul 15.00-18.00 WIB tanpa dikenakan biaya atau gratis.

“Masyarakat yang menggunakan layanan kereta bisa berpindah moda menggunakan layanan Transjakarta menuju ke tempat tujuan masing-masing sehingga mobilitasnya tetap bisa kami layani,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Johny Tjitrokusumo di Jakarta, Selasa (04/05/2021).

Johny menjelaskan, keempat layanan ini hanya akan menaikkan pelanggan dari titik awal hingga titik penurunan akhir.

Dengan demikian, semua armada yang melintas tidak akan berhenti pada bus stop yang dilalui oleh rute-rute tersebut.

“Transjakarta juga mengoperasilan layanan Tanah Abang Explorer (GR2) yang akan beroperasi mulai pukul 10.00-18.00 WIB,” imbuh Johny.

Selain itu, disediakan pula tambahan 30 unit armada pada rute-rute yang biasa beroperasi di sekitar Tanah Abang, Jakarta Pusat seperti Tanah Abang-Stasiun Gondangdia (1H), Blok M-Tanah Abang (1N), dan Tanah Abang-Senen (1R)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X