Dalam 15 Tahun, Astra Investasi Rp 20 Triliun di Jalan Tol

Kompas.com - 03/05/2021, 18:45 WIB
Tol Tangerang-Merak Astra InfraTol Tangerang-Merak

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga April 2021, Astra Infra telah mengoperasikan jalan tol sepanjang 357,6 kilometer yang tersebar di Pulau Jawa.

Jalan bebas hambatan berbayar itu mencakup tujuh ruas yakni Tol Tangerang-Merak, Tol Kunciran-Serpong, Tol Kebon Jeruk-Ulujami, Tol Cikopo-Palimanan, Tol Semarang-Solo, Tol Jombang-Mojokerto, dan Tol Surabaya-Mojokerto.

Sejak mengakuisisi PT Marga Mandala Sakti (MMS) secara bertahap pada 2005 sebagai BUJT pertama yang menandai ekspansi bisnis di jalan tol, Astra Infra telah membenamkan investasi senilai Rp 20 triliun.

"Selama lebih kurang 15 tahun, kami telah menginvestasikan Rp 20 triliun di jalan tol, hingga saat ini," ujar Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa dalam virtual gathering, Senin (03/05/2021).

Baca juga: Astra Prediksi Lalin di 7 Ruas Tol Selama Larangan Mudik Turun 25 Persen

Hingga kini Astra memiliki saham sebesar 79,3 persen di BUJT yang mengoperasikan Tol Tangerang-Merak tersebut.

Adapun ruas terbaru yang diakuisisi Astra Infra adalah Kebon Jeruk-Ulujami yang merupakan bagian dari jaringan Tol Metropolitan Jadebotabek yakni Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) I W2.

Astra Infra menyelesaikan proses pengambilalihan 100 persen saham PT Jakarta Marga Jaya (JMJ) pada November 2020.

Sebelumnya, saham JMJ dimiliki PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) dengan porsi 51 persen, dan 49 persen saham lainnya dimiliki PT Jaya Sarana Pratama (JSP).

Dengan penandatanganan dokumen pengalihan saham ini maka secara tidak langsung, Astra Infra memiliki 35 persen saham PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Ruas Tol JORR I W2.

Djap mengatakan, berinvestasi di Tol Kebon Jeruk-Ulujami adalah salah satu langkah strategis perusahaan dalam mendiversifikasi portofolio bisnis jalan tol terutama area Metro.

Baca juga: Investasi di Ruas Kebon Jeruk-Ulujami, Astra Tambah Kepemilikan Tol 357,6 Kilometer

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X