Astra Prediksi Lalin di 7 Ruas Tol Selama Larangan Mudik Turun 25 Persen

Kompas.com - 03/05/2021, 16:38 WIB
Astra Tol Cipali memulai pembangunan jalan sementara sepanjang 200 meter di media Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Rabu (10/02/2021). Astra Tol CipaliAstra Tol Cipali memulai pembangunan jalan sementara sepanjang 200 meter di media Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Rabu (10/02/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra memprediksi volume lalu lintas (lalin) di tujuh ruas tol yang dikelola terkoreksi hingga 25 persen selama periode larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021.

Ketujuh ruas tersebut masing-masing Tol Tangerang-Merak, Tol Kunciran-Serpong, Tol Kebon Jeruk-Ulujami, Tol Cikopo-Palimanan, Tol Semarang-Solo, Tol Jombang-Mojokerto, dan Tol Surabaya-Mojokerto.

Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa mengungkapkan hal itu dalam virtual gathering yang digelar Senin (03/05/2021).

Menurut Djap, penurunan yang signifikan dari kondisi lalin ini karena cukup banyak penyekatan. 

Baca juga: Astra Infra Luncurkan Inovasi Struk Digital untuk Transaksi Jalan Tol

Namun demikian, bila dibandingkan dengan volume lalin periode yang sama tahun lalu, masih lebih baik.

"Hal ini karena tahun lalu merupakan awal pandemi dan baru diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebulan penuh," jelas Djap.

Djap mencontohkan, trafik harian rata-rata di Tol Tangerang-Merak dalam kondisi normal mencapai 150.000 kendaraan.

Sementara pada kondisi saat ini ketika Pandemi Covid-19 belum berakhir diprediksi menurun sekitar 130.000 kendaraan.

Selain penurunan trafik, CEO Toll Road Business Group Kris Ade Sudiyono menambahkan, kebijakan pelarangan mudik 2021 akan memunculkan fenomena eventual windfall traffic yang biasanya terjadi selama Lebaran di ruas-ruas jalan tol konektivitas, diprediksi tidak akan terjadi.

Baca juga: Suara Astra Soal Transaksi Non-Setop MLFF, Pemilik Tol Harus Diajak Kolaborasi

"Sedangkan di ruas tol yang ada di wilayah aglomerasi diprediksi akan stabil, seperti halnya arus lalu lintas di periode libur seperti biasanya," imbuh Krist.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X