Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi di Ruas Kebon Jeruk-Ulujami, Astra Tambah Kepemilikan Tol 357,6 Kilometer

Kompas.com - 26/11/2020, 13:28 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra telah menyelesaikan proses akuisisi 100 persen saham PT Jakarta Marga Jaya (JMJ). 

Sebelumnya, saham JMJ dimiliki PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) dengan porsi 51 persen, dan 49 persen saham lainnya dimiliki PT Jaya Sarana Pratama (JSP).

Dengan penandatanganan dokumen pengalihan saham ini maka secara tidak langsung, Astra Infra memiliki 35 persen saham PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Ruas Tol JORR I W2.

Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa mengatakan, berinvestasi di JORR I W2N atau Kebon Jeruk-Ulujami adalah salah satu langkah strategis perusahaan dalam mendiversifikasi portofolio bisnis jalan tol terutama area Metro.

Baca juga: Astra Resmi Garap Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati

"Akuisisi ini juga merupakan wujud kontribusi Astra Infra dalam mendukung kemajuan infrastruktur dan mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19," kata Djap Tet Fa dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Jalan Tol JORR I W2N yang dikelola MLJ dirancang sepanjang 7,67 kilometer dan telah beroperasi mulai 2014.

Jalan Tol JORR I terhubung dengan Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), Tol Jakarta- Serpong, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Sedyatmo dan merupakan urat nadi transportasi penting yang memperlancar arus distribusi logistik serta mobilitas masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Kehadiran Tol JORR I diharapkan konektivitas menjadi mudah dan lancar sehingga akan mendorong roda perekonomian nasional dan daerah terutama sekitar Jakarta.

Dengan tuntasnya transaksi akuisisi ini, menambah kontribusi Astra Infra di ruas tol Pulau Jawa menjadi sepanjang sekitar 357,6 kilometer yang meliputi Ruas Tol Tangerang-Merak (72,5 kilometer), Cikopo-Palimanan (116,8 kilometer), dan Semarang-Solo (72,6 kilometer).

Kemudian, Jombang-Mojokerto (40,5 kilometer), Surabaya-Mojokerto (36,3 kilometer), Kunciran-Serpong (11,2 kilometer) dan JORR I W2N atau Kebon Jeruk-Ulujami (7,67 kilometer).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com