Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Progres Simpang Susun Kawasan Industri Terpadu Batang

Kompas.com - 29/04/2021, 09:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan Simpang Susun (SS) Akses Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang sepanjang 3,1 kilometer telah mencapai 49,01 persen.

SS Akses KIT Batang dibangun di Km 371+750 Ruas Jalan Tol Batang-Semarang.

Melansir laman Instagram resmi PT Jasamarga Transjawa Tol @official.jasamargatransjawatol, hingga saat ini, progres pembangunan simpang susun akses KIT sepanjang 3,1 kilometer yang berlokasi di Km 371+750 Ruas Jalan Tol Batang-Semarang telah mencapai 49,01 persen.

Terdapat delapan pekerjaan pada pembangunan SS Akses KIT Batang di antaranya dinding kantor, atap gerbang tol (GT), erection girder, saluran samping dan solid sodding.

Kemudian, pekerjaan drainage layer LC dan rigid di lokasi F, H, dan D, serta saluran samping.

Untuk diketahui, SS KIT Batang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan pengelolaan dilakukan oleh PT Jasamarga Semarang Batang (JSB).

Untuk diketahui, SS KIT Batang dibangun untuk percepatan pengembangan KIT Batang sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam mewujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat Pandemi Covid-19.

Baca juga: Daftar Lengkap Infrastruktur yang Dibangun di Kawasan Industri Terpadu Batang

Selain itu, juga sebagai pengembangan kawasan ekonomi baru di wilayah Batang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pengembangan KIT Batang secara keseluruhan seluas 4.300 hektar.

"Seluas 450 hektar di antaranya hampir tuntas dan siap digunakan untuk investasi berkaitan dengan teknologi," kata Jokowi saat meninjau KIT Batang, Rabu (21/04/2021).

Pembangunan SS KIT Batang merupakan salah satu dari beberapa proyek infrastruktur yang dibangun di kawasan tersebut.

Adapun proyek infrastruktur lain yang sedang dibangun di kawasan KIT Batang di antaranya Jalan kawasan 1A sepanjang 4 kilometer, Jembatan Kali Mata Air sepanjang 120 meter, Jalan kawasan 1B sepanjang 3,6 kilometer, dan Jembatan Kali Kembar sepanjang 80 meter.

Kemudian, Bendung Sungai Urang seluas 29,32 meter persegi, Bendung Kedung Langgar seluas 142 hektar, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) dengan kapasitas 35 ton per hari, dan Sistem Penyediaan Air Minun (SPAM) berkapasitas 285 liter per detik.

Lalu, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) berkapasitas 18.000 meter persegi per hari, 10 tower Rumah Susun (Rusun) bagi pekerja di kawasan KIT Batang setinggi 5 lantai seluas 5.735 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com