Kompas.com - 05/04/2021, 11:47 WIB
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Hutama karya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)

 JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) rutin melakukan sejumlah perbaikan jalan di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro memastikan bahwa kondisi JTTS aman dilalui oleh pengguna jalan terutama pada momen Ramadhan dan libur Lebaran 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami secara rutin melakukan inspeksi kondisi jalan tol dan melakukan perbaikan jalan tol," kata Koentjoro dalam keterangannya, Senin (05/04/2021).

Koentjoro menjelaskan, saat ini ada beberapa titik yang sedang dalam penanganan perbaikan yakni di sepanjang Ruas Bakauheni-Terbanggi besar terutama jalur menuju pelabuhan Bakauheni.

Baca juga: Gerak Maju Tol Trans-Sumatera, Katalis Pertumbuhan Kawasan Industri Baru

Sedangkan untuk Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dilakukan perbaikan di KM 140, KM 187-191, KM 240, dan KM 257.

Selain itu, pada Ruas Pekanbaru-Dumai juga dilakukan penanganan pemadatan dan penanaman rumput di sisi luar jalan area Seksi 2 dari Minas hingga Kandis Selatan dan perbaikan jalan di Seksi 5 dari Pinggir hingga Bathin Solapan termasuk pada rest area wilayah tersebut.

Dari beberapa kerusakan jalan tersebut, penanganan yang paling sering dilakukan yaitu dengan melakukan Scrapping, Filling dan Overlay (SFO) atau pengupasan pada lapis permukaan perkerasan jalan dengan kemudian diganti dengan hotmix yang baru dan rekonstruksi perkerasan rigid.

Selain itu, Koentjoro juga memastikan, tol sepanjang 530 kilometer yang sudah beroperasi di JTTS siap untuk dilalui oleh pengguna jalan.

Meski pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik, manajemen perusahaan tetap melakukan persiapan di jalan tol yang dikelola sebagai bentuk antisipasi terhadap peningkatan trafik kendaraan yang akan terjadi.

“Kami mendukung secara penuh arahan pemerintah untuk tidak mudik, namun kami merasa perlu tetap dilakukan persiapan guna mengantisipasi adanya lonjakan lalu lintas kendaraan mengingat saat ini masyarakat telah menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan sebagian besar masyarakat juga sudah diberikan vaksin,” ujarnya.

Koentjoro menerangkan bahwa Hutama Karya akan bekerja sama dengan pihak
Kepolisian, TNI, Basarnas, dan Dishub daerah setempat guna mempersiapkan momen Ramadhan dan Idul Fitri 2021 ini.

Diketahui, saat ini ruas yang sudah dioperasikan di JTTS yakni, Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Ruas Palembang-Indralaya, Ruas Medan-Binjai Seksi, Ruas Pekanbaru-Dumai, dan Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi III & IV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.