Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Dua Ruas Tol Ini, Warga Pamulang dan Serpong Bisa Menempuh Perjalanan Menerus ke Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 02/04/2021, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPT Marga Trans Nusantara (MTN) akan mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran Jumat malam (02/04/2021) pukul 22.00 WIB.

Direktur Utama PT MTN Truly Nawangsasi mengungkapkan hal itu dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (02/04/2021).

Menurut Truly, dengan dibukanya dua ruas tol baru ini memungkinkan pengguna jalan asal Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan menerus menuju Bandara Soekarno-Hatta dan juga sebaliknya.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Serpong-Pamulang sendiri merupakan bagian dari jaringan Jalan To Jakarta Outer Ring Road (JORR) II dan tersambung dengan Tol Kunciran-Serpong. 

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Tol Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Kunciran Sudah Bisa Dilintasi

Oleh karena itu, MTN selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol Kunciran-Serpong akan melakukan perubahan sistem transaksi pada jalan tol tersebut.

Semula, Jalan Tol Kunciran-Serpong yang telah lebih dulu beroperasi pada tahun 2019 menggunakan Sistem Transaksi Terbuka Proporsional dan akan berubah menjadi Sistem Transaksi Tertutup Terintegrasi.

Perbedaan dari kedua sistem ini dapat terlihat pada cara pengguna jalan dalam melakukan transaksi (tapping).

Pada sistem transaksi terbuka, pengguna jalan hanya melakukan tapping satu kali di gerbang tol masuk.

Sedangkan untuk sistem tertutup, pengguna jalan akan melakukan dua kali tapping yaitu pada gerbang tol masuk dan gerbang tol keluar.

Tapping pertama dilakukan untuk mendapatkan data asal gerbang masuk dan golongan kendaraan pengguna jalan yang akan terekam di dalam uang elektronik (saldo tidak terpotong).

Baca juga: Malam Ini Sistem Transaksi Terintegrasi Berlaku di Tol Serpong-Kunciran, Simak Rincian Tarifnya

Tapping kedua dilakukan di gerbang tol keluar, dengan melakukan tapping uang elektronik yang sama untuk membayar tarif sesuai dengan data gerbang tol masuk (saldo terpotong).

Namun, khusus untuk Gerbang Tol (GT) Kunciran 3 dan GT Serpong 2 yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Jalan Tol Serpong-Pondok Aren, pengguna jalan akan melakukan transaksi tarif ruas terintegrasi sekaligus merekam data gerbang tol masuk.

Lalu selanjutnya akan melakukan tapping kembali di gerbang tol keluar sesuai tujuan pengguna jalan.

Dengan perubahan sistem transaksi ini, maka PT MTN akan mengoperasikan GT Parigi dan GT Jelupang yang berada di Simpang Susun (SS) Parigi.

Untuk pengguna jalan arah Bintaro dan arah Jelupang yang sebelumnya tidak melakukan transaksi di gerbang tol tersebut, sekarang harus melakukan tapping uang elektronik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com