Jangan Lagi Sebut Bekasi Planet Antah-berantah, Semua Raja Properti Kumpul di Sini

Kompas.com - 14/03/2021, 22:55 WIB
Pasar apartemen Bekasi dinilai potensial. Sejumlah pengembang berkompetisi membangun hunian jangkung dalam beberapa tower pengembangan. Termasuk di antaranya Summarecon Agung. www.summareconbekasi.comPasar apartemen Bekasi dinilai potensial. Sejumlah pengembang berkompetisi membangun hunian jangkung dalam beberapa tower pengembangan. Termasuk di antaranya Summarecon Agung.

JAKARTA, KOMPAS.com - "Jika Anda menemukan jalan rusak bak kubangan kerbau, berdebu, banjir, banyak angkot, macet, minim penghijauan, Anda telah menginjakkan kaki di Planet Bekasi".

Ini adalah seloroh warganet yang direkam Kompas.com dengan tagar #planetbekasi yang menjadi trending di media sosial Twitter pada Tahun 2015.

Enam tahun berlalu, masih samakah kondisi Planet Bekasi (baik kota maupun kabupaten) yang tak jarang disebut warganet sebagai Planet Antah-berantah ini?

Baca juga: Tren Pencarian Rumah di Jadebotabek Meningkat, Bekasi Masih Favorit

Ternyata, kawasan timur Jakarta tersebut mengalami perubahan signifikan untuk tidak dikatakan melaju kencang. Walau untuk itu, harus diakui peran pemerintah pusat sangat besar di sini.

Betapa tidak, sejumlah pembangunan infrastruktur dengan nilai triliunan rupiah yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) dibangun dan melintasi Bekasi.

Mari kita sebut satu per satu, mulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Layang), Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang dijadwalkan beroperasi Juni 2022, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, terdapat infrastruktur lain yang sebagian sudah beroperasi, sebut saja Tol Cimanggis-Cibitung, Tol Cibitung-Cilincing, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, dan Commuter Line Jakarta-Bekasi.

Boleh dikatakan, tak ada kawasan dengan infrastruktur selengkap Bekasi. Kelak jika seluruhnya tuntas dan beroperasi, warga "Planet" Bekasi boleh menyombongkan diri, mau memanfaatkan infrastruktur apa pun tersedia.

Kecuali Mass Rapid Transit (MRT) yang untuk saat ini hanya bisa dibanggakan oleh warga ibu kota Jakarta.

Sementara fasilitas lainnya yang superlengkap adalah pusat perbelanjaan. Meminjam istilah generasi baby boomers, di setiap pengkolan kawasan Bekasi terdapat satu mal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X