Warga Kabupaten Indragiri Hulu Terima 1.000 Sertifikat Tanah Gratis

Kompas.com - 04/03/2021, 15:00 WIB
Sertipikat tanah diserahkan langsung secara simbolis kepada 10 orang penerima oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau, M. Syahrir dan didampingi Kepala Kantah Kabupaten Indragiri Hulu, Taufik S. Wibowo di Gedung Dang Purnama, Rengat, Kabupaten Inhu, Riau, Rabu (03/03/2021). Dok. Kementerian ATR/BPN.Sertipikat tanah diserahkan langsung secara simbolis kepada 10 orang penerima oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau, M. Syahrir dan didampingi Kepala Kantah Kabupaten Indragiri Hulu, Taufik S. Wibowo di Gedung Dang Purnama, Rengat, Kabupaten Inhu, Riau, Rabu (03/03/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Inhu, Provinsi Riau, menyerahkan 1.000 sertifikat tanah hasil pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2021 kepada masyarakat.

Sertifikat tanah ini diserahkan langsung secara simbolis kepada 10 orang perwakilan oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau M Syahrir dan Kepala Kantah Kabupaten Indragiri Hulu Taufik S Wibowo, Rabu (3/3/2021).

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil mengucapkan selamat bagi para penerima sertipikat dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda), khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu.

"Program Kementerian ATR/BPN bisa terlaksana dengan baik apabila Bapak-Ibu, Gubernur, Bupati, Wali Kota ikut mendukung," ujar Sofyan dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Kamis (4/3/2021).

Sofyan berharap, Kanwil BPN Provinsi Riau bisa bekerja sama dengan Pemda setempat untuk bisa mengalokasikan anggaran agar dapat merealisasikan program PTSL dengan lebih cepat.

Dia menyarankan, agar Pemprov Riau bisa berbagi anggaran kepada BPN Provinsi Riau terkait program PTSL ini.

Baca juga: Mulai 2021, Kementerian ATR/BPN Berlakukan Pergantian Sertifikat Tanah Analog ke Elektronik

"Jika misalnya Rp 400.000 per bidang, kalau alokasikan anggaran Rp 4 miliar, itu berarti kita bisa buat 10.000 lebih banyak sertifikat," ucap dia.

Dengan berbagi seperti itu, Sofyan optimistis, pelaksanaan program PTSL di Provinsi Riau dapat segera tuntas.

Sementara itu, Kepala Kantah Kabupaten Indragiri Hulu Taufik S Wibowo melaporkan, ada 275.000 bidang tanah di Kabupaten Indragiri Hulu. Sementara yang sudah terdaftar sebanyak 154.499 bidang.

Untuk Tahun 2021, Kantah Kabupaten Indragiri Hulu menargetkan untuk mendaftarkan 5.450 bidang tanah dari Peta Bidang Tanah (PBT) dan 28.000 bidang berasal Sertifikar Hak Atas Tanah (SHAT).

Hingga kini, telah diserahkan 1.000 bidang tanah kepada masyarakat dan 34 aset milik Pemda.

"Ini akan meningkatkan kepercayaan kepada Kantah. Sehingga, target PTSL 2021 Insya Allah akan selesai pada April 2021," ucap Taufik.

Dia memastikan, seluruh bidang tanah di Kabupaten Indragiri Hulu terdaftar pada Tahun 2024 mendatang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X