Deddy Herlambang
Pengamat Transportasi

Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (INSTRAN)

Mobil Baru Bebas Pajak, Mimpi Buruk di Sektor Transportasi

Kompas.com - 16/02/2021, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Deddy Herlambang

PEMERINTAH telah menyiapkan aturan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah atau PPnBM 0 persen untuk mobil baru yang dimulai Maret 2021.

Diskon PPnBM 0 persen ini menggunakan skema ditanggung pemerintah (DTP), dengan besaran 100 persen pada bulan pertama.

Sebelum itu, hendaklah kita melihat realita bahwa pandangan konservatif yang menyatakan, indikator keberhasilan ekonomi adalah bila jalan-jalan macet, masih mengurat akar. 

Tak mengherankan bila mode-share angkutan umum di Jakarta, Bandung, dan Surabaya masih tertinggal jauh di belakang kota-kota yang masyarakatnya berpandangan progresif, modern, dan revolusioner.

Mode-share angkutan umum di ketiga kota itu masih di bawah 20 persen, sementara di Singapura (61 persen), Tokyo (51 persen), dan Hong Kong (92 persen).

Kendati mode-share angkutan umumnya tinggi, namun ,PDB Singapura, Tokyo dan Hongkong sangatlah jauh di atas kita. Ini artinya, kemajuan ekonomi mereka bukan berdasar atas kepemilikan kendaraan saja.

Adapun catatan TomTom Traffic Index 2020, yang menobatkan Kota Jakarta keluar dari 10 besar kota termacet di dunia, perlu dikritisi.

Catatan tersebut dibuat saat Kota Jakarta dalam kondisi terdampak Pandemi Covid-19 sehingga masih banyak karyawan kerja di rumah, kegiatan bisnis berhenti dan sekolah-sekolah libur.

Sebelumnya, pada 2019 oleh lembaga yang sama, Jakarta menempati peringkat ketujuh kota termacet di dunia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.