Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan Transaksi Tol MLFF, Roatex Hongaria Ajak Jasa Marga dan Telkom

Kompas.com - 29/01/2021, 13:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Implementasi sistem transaksi tol non-tunai nir-sentuh berbasis Multi-Lane Free Flow (MLFF) dengan memanfaatkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dimulai awal 2022.

Hal ini menyusul ditetapkannya Roatex Ltd Zrt, perusahaan yang berbasis di Hongaria, sebagai pemenang tender Badan Usaha Pelaksana (BUP) proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk sistem transaksi ini.

Chief Representative Roatex Ltd Zrt Musfihin Dahlan, dalam pelaksanaan penerapan sistem transaksi ini Roatex akan menggandeng dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Alasan dipilihnya dua BUMN tersebut, menurut Musfihin, adalah pengalaman panjang di bidangnya masing-masing, terkait konstruksi dan pengelolaan tol, serta teknologi informasi dan komunikasi.

Baca juga: Roatex Hongaria Keluar sebagai Pemenang Tender Transaksi Tol Berbasis MLFF

"Jasa Marga merupakan badan usaha jalan tol (BUJT) pemegang konsesi jalan tol terpanjang di Indonesia dan punya pengalaman mengoperasikan jalan tol lebih dari empat dekade. Sementara Telkom memiliki jaringan luas di wilayah operasi kita," urai Musfihin menjawab Kompas.com, Jumat (29/01/2021).

Musfihin mengatakan, Roatex bersama Jasa Marga dan Telkom telah melakukan pembicaraan awal mengenai penerapan sistem transaksi tol berbasis MLFF ini.

Termasuk usulan skema kerja sama yang akan ditempuh. Namun demikian, skema kerja sama serta model bisnis yang akan disepakati masih belum bisa disampaikan ke publik.

Hal ini karena masih harus dikonsultasikan dulu dengan Badan Pengatur jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Hasil pembicaraan dan pembahasan mengenai hal itu akan disampaikan setelah kami menyelesaikan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Kementrian PUPR," imbuh Musfihin.

Dalam proses menuju signing PKS tersebut bisa saja terjadi banyak perubahan dalam materi kontrak kerja. 

Baca juga: Indonesia di Antara Penerapan MLFF Berbasis Satelit dan Pasar Asia Pasifik

"Kami inginnya cepat. Tapi kan kami harus mengikuti kultur birokasi kita. Demikian halnya dengan timeline kerja yang baru akan didiskusikan dengan BPJT," sambung dia.

Roatex Ltd Zrt baru akan secara resmi menggandeng Jasa Marga dan Telkom setelah ada arahan dari BPJT.

Sementara itu Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur membenarkan telah bertemu dengan CEO Roatex Hongaria.

Subakti mengaku didampingi Direktur Operasional Jasa Marga Fitri Wiyanti, Direktur Bisnis Jasa Marga Mohammad Sofyan, dan Direktur Utama Jasa Marga Toll Operation Raddy R Lukman.

"Pertemuan tersebut masih dalam tahap pembicaraan awal dan perkenalan dengan CEO. Mereka baru menyampaikan niat untuk mengajak kami sebagai mitra," ungkap Subakti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com