Belum Terpecahkan, Rekor Hotel Terkecil di Dunia Masih Dipegang Eh Hausl

Kompas.com - 24/01/2021, 14:07 WIB
Hotel bernama Eh Haeusl yang berlokasi di Amberg, Jerman, masih menjadi bangunan hotel terkecil di dunia Business InsiderHotel bernama Eh Haeusl yang berlokasi di Amberg, Jerman, masih menjadi bangunan hotel terkecil di dunia

KOMPAS.com - Hingga saat ini, rekor hotel terkecil di dunia versi Guiness World Records belum terpecahkan, masih dipegang Eh Hausl yang berlokasi di Amberg, Jerman.

Sejak dinobatkan secara resmi sebagai hotel paling mungil sejagat raya pada 2008 oleh Guiness World Records, belum ada bangunan lain yang menumbangkan catatan dengan ukuran lebih kecil.

Struktur kurus dan ramping ini memiliki luas bangunan 53 meter persegi dengan kapasitas maksimal 2 orang.

Meski bentuk dan ukurannya mungil, bangunan ini mendapat banyak perhatian karena desainnya unik dan tidak biasa.

Baca juga: Belum Tertandingi, Burj Khalifa Masih Gedung Tertinggi di Jagat Raya

Melansir Business Insider, sejarah hotel ini terbilang unik. Dari namanya saja, Eh Hausl memiliki arti 'rumah pernikahan'.

Sebelum menjadi hotel, bangunan ini merupakan tempat tinggal yang didirikan sejak tahun 1728 dan atau telah berusia 280 tahun.

Dinamakan 'rumah pernikahan' karena sengaja dirancang untuk menghindari undang-undang pernikahan kuno yang menetapkan bahwa pasangan yang ingin menikah harus memiliki properti.

Karena kewajiban itu, akhirnya seorang pengusaha memanfaatkan ruang kecil sempit yang sebelumnya merupakan gang pembatas antar-rumah untuk dijadikan tempat tinggal.

Berfungsi sebagai hotel sejak 2008

Sejak tahun 2008 lalu, rumah ini diubah fungsinya menjadi hotel mewah.

Karena ukurannya yang mungil, dan hanya dapat ditempati dua orang, hingga kini masih dijuluki sebagai hotel terkecil di dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X