97 Proyek Infrastruktur 2021 Dibiayai Surat Berharga Syariah Negara

Kompas.com - 12/01/2021, 11:42 WIB
Pembangunan D.I Krueng Jrue Aceh. Dok. Kementerian PUPRPembangunan D.I Krueng Jrue Aceh.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan alokasi anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2021 senilai Rp 14,76 triliun.

Alokasi anggaran SBSN tersebut merupakan bagian dari total dana keseluruhan yang didapatkan Kementerian PUPR pada tahun 2021 sebesar Rp 149,81 triliun.

SBSN ini akan dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan 97 proyek infrastruktur.

Rinciannya 60 proyek infrastruktur di Direktorat Jemderal (Ditjen) Bina Marga dan 37 proyek infrastruktur di Ditjen Sumber Daya Air (SDA).

Perlu diketahui, pendanaan Pemerintah sangat terbatas melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membiayai pembangunan infrastruktur secara utuh.

Oleh karena itu, diperlukan berbagai inovasi pembiayaan sebagai alternatif untuk mengurangi kesenjangan antara kebutuhan dengan kemampuan pembiayaan APBN dalam pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur.

“Kementerian PUPR memanfaatkan secara optimal potensi alternatif pembiayaan seperti SBSN," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/1/2021).

Pembiayaan SBSN di Kementerian PUPR digunakan untuk proyek infrastruktur yang memberikan dampak besar terhadap peningkatan ekonomi melalui peningkatan konektivitas antar wilayah.

Misalnya, yang digunakan sebagai jalur logistik, pariwisata, dan jalan akses ke pelabuhan dan bandara.

Dengan pembiayaan bersumber dari SBSN ini, kata Basuki, Kementerian PUPR sangat terbantu karena pengawasannya juga dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.