Kompas.com - 11/01/2021, 19:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2021 akan menjadi tahun yang penuh tantangan bagi industri pariwisata yang berdampak pada bisnis dan industri perhotelan.

Keberhasilan industri pariwisata dan hotel sangat bergantung pada cara penanganan Pandemi Covid-19. Hal ini karena industri ini melibatkan banyak interaksi dengan masyarakat.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengutarakan hal itu dalam Q4-2020 Bali Hotel Report.

"Khusus pasar Bali, membuka pintu bagi turis asing akan menjadi hal yang positif," kata Ferry.

Memang, lanjut dia, salah satu tolok ukur dunia luar atas keamanan dan kenyamanan perjalanan saat ini adalah penanganan pandemi Covid-19.

Baca juga: Sunrise Properti Bali Ada di Kabupaten Tabanan

Namun, Bali masih bisa menerapkan travel bubble atau gelembung perjalanan. Meski begitu, penerapan tersebut harus sangat berhati-hati.

Hingga saat ini, koridor perjalanan di Indonesia masih terbatas pada perjalanan diplomatik dan bisnis ke empat negara, yakni Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Singapura, dan beberapa wilayah di China, termasuk Chengdu, dan Kunming.

Indonesia pun masih akan berusaha melakukan negosiasi dengan negara lain untuk mendatangkan kembali turis asing dan menghidupkan sektor pariwisata.

Terlebih, Presiden Joko Widodo baru saja melakukan reshuffle kabinet dan salah satu menteri yang digeser adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Situasi saat ini akan menjadi tantangan yang cukup berat bagi menteri baru mengingat kondisi yang belum membaik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.