Anak Usaha MRT Jakarta Direncanakan Go Public 2022

Kompas.com - 05/01/2021, 13:28 WIB
Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019). KOMPAS.com/NURSITA SARIDirektur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu anak usaha PT MRT Jakarta (Perseroda), PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ), direncanakan membuka penawaran umum perdananya atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2022 mendatang.

"Kita akan dorong beberapa anak usaha kita, misalnya PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ) untuk dapat IPO tahun 2022 atau kalau memang sulit maksimal tahun 2023," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar dalam diskusi virtual bertajuk "Paparan Capaian MRT Tahun 2020 dan Rencana Tahun 2021", di Jakarta, Selasa (05/01/2021).

William menjelaskan, PT ITJ baru dibentuk pada Oktober 2020. Perusahaan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dengan PT Transportasi Jakarta (Perseroda) atau Transjakarta.

Baca juga: MRT Rute Fatwawati-Taman Mini Dibangun 2022, Butuh Dana Rp 28 Triliun

Meski demikian, William belum mau memberikan informasi lebih lanjut berapa jumlah dan harga saham ITJ yang akan dilepas kepada publik.

Namun, dia memastikan tahun 2020 PT ITJ telah membukukan laba indikatif sebesar Rp 6,1 miliar dan total aset per 31 Desember 2020 sekitar Rp 5 miliar.

Untuk diketahui, 90 persen saham PT ITJ dimiliki oleh PT MRT Jakarta, sementara sisanya 10 persen merupakan milik PT Transportasi Jakarta (Perseroda).

PT ITJ sendiri dibentuk untuk merencanakan, mengembangkan, dan mengawasi infrastruktur di dalam kawasan Transit Oriented Development (TOD) sepanjang jalur MRT Jakarta. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X