Trafik Masih Rendah, Tol Trans-Sumatera Rawan Kejahatan

Kompas.com - 25/11/2020, 17:34 WIB
Jalan Tol Medan-Binjai Dok. Kementerian PUPRJalan Tol Medan-Binjai

JAKARTA, KOMPAS.com- Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto mengatakan volume lalu lintas atau trafik di Jalan Tol Trans-Sumatera ( JTTS) masih cukup rendah.

Dengan trafik yang rendah ini, berpotensi mengundang kejahatan. Oleh karena itu, Hutama Karya berupaya menyiagakan tim patroli untuk mengawal aktivitas yang terjadi di JTTS setiap saat.

"Tujuannya, memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jalan tol," kata Budi  dalam sambutannya pada acara Kompas Talks: Jalan Tol Trans Sumatera Membawa Peradaban dan Perilaku Baru", Rabu (25/11/2020).

Saat ini, sebanyak 1.845 petugas bersiaga di JTTS dengan jumlah paling banyak berada di layanan lalu lintas yakni 990 orang.

Baca juga: Hingga Kini, 513 Kilometer Tol Trans-Sumatera Telah Beroperasi

Kemudian, 435 petugas di layanan pengamanan, 367 petugas di layanan transaksi, serta 53 petugas di layanan pemeliharaan.

Perlu diketahui, Lalin Harian Rata-rata (LHR) Tol Medan-Binjai di Sumatera Utara dilintasi sebanyak 12.621 kendaraan pada kondisi normal.

Sementara pada LHR Transisi hingga November, tol sepanjang 15 kilometer itu dilintasi sebanyak 13.208 kendaraan.

Kemudian, LHR di Tol Palembang-Indralaya dilalui sebanyak 12.636 kendaraan pada kondisi normal.

Hingga November, tol ini mengalami penurunan drastis atau hanya dilintasi sebanyak 5.830 kendaraan.

Lalu, LHR di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar mencatatkan angka sebanyak 11.043 kendaraan dan pada periode LHR Transisi hingga November naik tipis sebanyak 11.706 kendaraan.

Selanjutnya, LHR di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung berkisar 6.174 kendaraan pada periode normal dan transisi sebanyak 7.757 kendaraan.

Sementara LHR di Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) masing-masing hanya berkisar 7.153 dan 1.195 kendaran. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X