1.118 Kilometer Tol Trans-Jawa Siap Layani Masyarakat Libur Nataru

Kompas.com - 25/11/2020, 15:41 WIB
Tingginya antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans Jawa terlihat dari meningkatnya volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Dok. Jasa MargaTingginya antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans Jawa terlihat dari meningkatnya volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 1.118 kilometer siap melayani masyarakat saat Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo memastikan hal itu saat menggerar Rapat Dewan Pimpinan (RDP) dengan Komisi V DPR, Rabu (25/11/2020).

Wempi menuturkan, di sepanjang jalan tol tersebut terdapat 91 Tempat Pelayanan dan Istirahat ( TIP) yang bisa digunakan masyarakat beristirahat. Rinciannya, 55 TIP A, 36 TIP B, dan 8 TIP C.

Kementerian PUPR juga telah melakukan pengintegrasian dan penyesuaian tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Layang) dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting sejak 22 Oktober 2020.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Bisa Digunakan Saat Mudik Lebaran 2021

"Itu dilakukan untuk memudahkan manajemen lalu lintas, transaksi pengguna jalan, dan keseimbangan distribusi lalu lintas," ujar Wempi.

Selain jalan tol, Kementerian PUPR juga menyiapkan jalan nasional sepanjang 5.068 kilometer yang dapat digunakan pada hari libur panjang nanti.

Rinciannya Lintas Utara Jawa sepanjang 1.341 kilometer, Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.197 kilometer, Lintas Selatan Jawa sepanjang 888 kilometer, dan Pantai Selatan 1.642 kilometer.

"Jalan Tol Bali-Mandara juga saat ini sudah dapat beroperasi sepanjang 10,07 kilometer," imbuh Wempi.

Wempi menambahkan hingga akhir 2020 nanti masih akan ada enam ruas jalan tol yang akan diresmikan dengan total sepanjang 71,8 kilometer, yakni:

  1. Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin-Kayu Manis) sepanjang 71,8 kilometer.
  2. Krian-Legundi-Bunder-Manyar Seksi 1,2, dan 3 sepanjang 29 kilometer.
  3. Cinere-Serpong Seksi 1 (SS Serpong - SS Pamulang) sepanjang 6,50 kilometer.
  4. Cengkareng-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer.
  5. Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Gabus Indah) sepanjang 13,52 kilometer.
  6. Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 1 A (Koneksi Toll to Toll Wiyoto Wiyono + On Ramp Pasar Gembrong) dan 2A (Jaka Sampurna dan Kayuringin) sepanjang 5,71 kilometer.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X