Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

50 Persen Desa di Jombang Disebut Tanahnya Sudah Lengkap Terdaftar

Hal itu disampaikannya berdasarkan data Kantor Pertanahan Kabupaten Jombang, saat mengunjungi Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Kamis (06/07/2023).

"Setelah selesai menjadi Desa Lengkap, kita upayakan satu desa sudah terdaftar. Kita akan berikan Peta Bidang Tanah (PBT), kepala desa bisa mengontrol di mana saja sawah, tempat ibadah, ruang terbuka hijau," terang Hadi dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN.

"Jangan sampai situ mengecil, ini adalah tugas kepala desa," tandasnya.

Pada momen ini, Hadi juga menyerahkan langsung 11 sertifikat tanah ke rumah-rumah masyarakat di Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan.

"Saya didampingi Ibu Bupati menyerahkan sertipikat secara door to door ini tujuannya untuk melihat secara langsung permasalahan-permasalahan. Pada dasarnya semua berjalan lancar, masyarakat senang menerima sertipikat sesuai dengan tanah mereka," terangnya.

Sertifikat tanah itu juga memiliki nilai ekonomi, sehingga sesuai dengan kondisi masyarakat yang rata-rata sebagai UMKM.

"Oleh sebab itu, saya sampaikan sertipikat ini juga bisa dijadikan modal dengan dijadikan Hak Tanggungan ke bank untuk hal yang produktif bukan konsumtif," pungkas Hadi.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/07/06/213000721/50-persen-desa-di-jombang-disebut-tanahnya-sudah-lengkap-terdaftar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke