Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Summarecon Bandung Raih Penghargaan Lingkungan Terbaik Dunia, Kalahkan Taiwan dan Malaysia

Kompas.com - 31/05/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Summarecon Bandung meraih penghargaan prestisius kelas dunia FIABCI World Prix d’Excellence Awards 2024.

Proyek yang dikembangkan oleh PT Summarecon Agung Tbk ini dianugerahi Gold Winner kategori lingkungan (environmental category).

Summarecon Bandung mengalahkan Old Zhengyi Elementary Revitalization Taiwan, dan Elmina Rainforest & Knowledge Centre Malaysia.

Para juri menilai Summarecon Bandung yang berlokasi di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, ini unggul dalam pengelolaan lingkungan di kawasan seluas lebih dari 300 hektar.

Baca juga: Kenaikan Harga Rumah Seken di Bogor Tertinggi di Jabodetabek dan Pulau Jawa

FIABCI juga mengapresiasi upaya keberlanjutan yang dilakukan secara kolaboratif bersama pemerintah daerah dan warga lokal secara bersama-sama dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas lingkungan.

Pada malam penganugerahan yang digelar di Singapura, Kamis (30/5/2024), Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P Adhi menuturkan, penghargaan FIABCI ini menjadi bukti nyata dari kerja keras Summarecon dalam menghadirkan produk-produk properti yang tidak hanya inovatif, dan berkualitas tapi juga berwawasan lingkungan.

"Beragam apresiasi dan pengakuan FIABCI hingga kini telah didapatkan Summarecon di berbagai kawasan pengembangan kami di Kelapa Gading, Serpong, Bekasi, Bandung, Bogor, hingga Makassar," ujar Adrianto.

Adrianto mengungkapkan, Gedebage adalah wilayah yang sering dilanda genangan, lalu lintas yang sangat padat, kondisi tanah yang kurang baik, dan juga kondisi ekonomi masyarakat yang perlu ditingkatkan.

Baca juga: Prinsip yang Wajib Diterapkan Ketika Ingin Mendekorasi Rumah Minimalis

Perusahaan mengatasi ini dengan pengendalian banjir melalui pembuatan taman dan enam buah danau seluas 27 hektar.

Untuk mengatasi kondisi tanah yang kurang baik, perusahaan menerapkan teknologi Prefabricated Vertical Drainage (PVD) dan Prefabricated Horizontal Drains (PHD).

Summarecon Bandung, di Gedebage, Bandung, Jawa BaratSMRA Summarecon Bandung, di Gedebage, Bandung, Jawa Barat
Sementara untuk mengatasi kepadatan lalu lintas, perusahaan bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung memperbaiki infrastruktur dengan menambah akses penghubung Tol Gedebage KM 149 Padaleunyi, menyediakan transportasi umum, serta memperbaiki pengelolaan lalu lintas.

Penanaman lebih dari 20.000 pohon baru, melestarikan pohon eksisting semaksimal mungkin, dan menyediakan lahan pembibitan (nursery) juga terus dilakukan.

"Danau dan pepohonan ini sebagai upaya perusahaan menjaga habitat satwa lokal seperti burung kuntul kerbau dan burung blekok," imbuh Adrianto.

Baca juga: Jaksel Masih Jadi Daerah Favorit Investasi Rumah Mewah

Summarecon Bandung juga secara rutin memproses 5.000 ton sampah organik per tahun dan mendonasikan lebih dari 100 ton sampah plastik bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi untuk didaur ulang.

Direktur PT Summarecon Agung Tbk, Herman Nagaria mengatakan, keseimbangan dan pelestarian lingkungan, senantiasa diperhatikan.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen kami dalam membangun komunitas dengan ekosistem kehidupan yang harmonis dan juga misi perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan," ungkap Herman.

Executive Director Summarecon Bandung Hindarko Hasan menambahkan, penghargaan bergengsi ini menambah semangat dan motivasi untuk terus maju dan berinovasi.

"Terima kasih untuk seluruh pihak yang sudah memberikan apresiasi ini dan pihak-pihak yang selalu mendukung Summarecon Bandung untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh stakeholders," tuntas Hindarko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com