Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selangkah Lagi, Bali Jadi Pulau Lengkap

Kompas.com - 21/05/2024, 22:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Provinsi Bali selangkah lebih dekat untuk menjadi pulau lengkap pertama di Indonesia.

Hal ini menyusul deklarasi empat kabupaten lengkap di Bali yang dilakukan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Wisma Sabha Kantor Gubernur Bali, Selasa (21/5/2024).

Empat kabupaten ini, meliputi Kabupaten Jembrana, Gianyar, Tabanan, dan Bangli. Sehingga kini, Bali memiliki total enam kabupaten/kota lengkap.

"Empat kabupaten tersebut menyusul Denpasar yang dideklarasikan sebagai kota lengkap pertama di Indonesia dan Badung yang dideklarasikan sebagai kabupaten lengkap pertama di Indonesia," kata AHY.

Suatu kabupaten/kota dinyatakan lengkap apabila secara spasial seluruh bidang tanah di daerah tersebut telah terpetakan atau terdaftar.

Secara nasional, sudah terdapat 19 kabupaten/kota lengkap se-Indonesia. Saat ini, Bali menjadi provinsi dengan jumlah kabupaten/kota lengkap terbanyak di Indonesia.

Baca juga: AHY Pastikan Kesiapan Lahan Investasi, Termasuk buat Elon Musk

Sementara Kementerian ATR/BPN menargetkan bisa mendaftarkan 120 juta bidang tanah per tahun 2024 dan bertambah menjadi 126 juta bidang tanah terdaftar pada tahun 2025.

Per April 2024, capaian pendaftaran tanah di seluruh Indonesia sudah menyentuh angka 112 juta bidang.

Khusus di Bali, sekitar 98 persen tanahnya sudah terdaftar dengan yang tersertifikat mencapai 85 persen.

"Sudah 98 persen bidang tanah yang terpetakan, kejar hingga 100 persen dan yang sudah bersertifikat 85 persen, kejar hingga 100 persen," tuntas AHY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com