Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Daerah Tujuan Favorit Pemudik dari Jabotabek Saat Natal dan Tahun Baru

PT Jasa Marga Persero Tbk mencatat lebih dari 5,6 juta kendaraan melewati empat gerbang tol (GT) utama di tol Jabotabek pada periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru 2022/2023).

Untuk kendaraan yang meninggalkan Jabotabek tercatat sebanyak 2,83 juta kendaraan. Sementara kendaraan yang kembali ke Jabotabek sebesar 2,84 juta kendaraan.

Jumlah kendaraan tersebut terhitung mulai dari 18 Desember 2022 (H-7) sampai dengan 4 Januari 2022 (H+4) pada GT Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Hal tersebut diungkapkan Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (6/1/2023).

“Tujuan favorit para pengguna jalan pada periode Nataru 2022/2023 juga masih tercatat yang menuju arah Timur melalui Trans Jawa dan Bandung, mendominasi 47 persen dari lalu lintas keseluruhan,” ujarnya.

Sementara itu, dikatakan untuk kendaraan yang melaju ke arah Barat yakni melalui Merak, jumlahnya 31 persen dari total keseluruhan.

Untuk kendaraan yang menuju ke arah Selatan yakni Puncak, jumlahnya sebesar 22 persen dari total keseluruhan.

“Hal tersebut terlihat dari distribusi kendaraan ke arah timur menuju Bandung lebih tinggi 11 persen dibandingkan dengan periode Lebaran,” paparnya.

Pada periode Nataru 2022/2023, Jasa Marga melalui Tim Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga telah menyediakan sejumlah posko di antaranya Posko Cikampek Utama, Posko Kalihurip Utama, Posko Kalikangkung, Posko Banyumanik hingga Posko Warugunung.

Jasa Marga juga selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk pengaturan lalu lintas selama periode Nataru di antaranya melakukan contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jagorawi serta melakukan pengawasan atas penerapan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait Pengaturan Pembatasan Angkutan Barang.

Pada periode Nataru tahun ini, Jasa Marga juga mengoperasikan lajur fungsional yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Sadang sampai ke Kutanegara) sepanjang 8,5 Km yang dioperasikan secara fungsional pada 1 Januari 2023 selama satu jam.

Selain itu, Jasa Marga juga menambah satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta (dari tiga lajur menjadi empat lajur) mulai KM 50 s.d KM 67 sepanjang 16,3 Km.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/01/06/180000521/ini-daerah-tujuan-favorit-pemudik-dari-jabotabek-saat-natal-dan-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke