Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Aman Berkendara di Jalan Tol, Ini Jenis Pembatas Lajur

Melansir dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Jumat (18/11/2022), pembatas lajur tersebut bernama Barrier. Ada yang berbahan beton maupun plastik.

Barrier yang merupakan beton pracetak ini dinamakan Concrete Barrier yang memiliki kelebihan lebih kokoh dan tidak akan mudah rusak atau bergeser sehingga lebih aman sebagai pembatas di jalan tol.

Concrete Barrier yang dominan berwarna silver tersebut dinilai lebih aman karena spesifikasinya lebih kuat dan dapat menahan beban kendaraan hingga 13 ton.

Barrier beton tersebut juga dipasangkan glass road stud berwarna putih, kuning, atau merah yang berfungsi untuk memantulkan cahaya dan memberikan penerangan berbentuk bulatan-bulatan kecil di sepanjang jalan tol ketika malam hari dilintasi kendaraan yang menyalakan lampu.

Selain Concrete Barrier juga terdapat barrier lainnya yang bernama Water Barrier. Berwarna orange dan biasanya dipasang di median jalan ataupun saat masuk gerbang tol.

Fungsinya untuk mencegah pemakai jalan memasuki jalur lalu lintas yang berlawanan arah, juga digunakan ketika sedang melakukan pekerjaan perawatan jalan melindungi pekerja, hingga membantu meredam benturan ketika kecelakaan.

Water barrier biasanya terbuat dari bahan plastik HDPE yang tahan terhadap bahan kimia dan kuat menghadapi cuaca panas maupun hujan dengan volume ukuran dari pembatas jalan ini minimal 500 liter dan bobot maksimal 16 Kg.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/11/18/133749921/bikin-aman-berkendara-di-jalan-tol-ini-jenis-pembatas-lajur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke