Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Tol Semarang-Solo, Lokasi Kecelakaan Maut, Renggut 5 Korban

Dalam insiden yang melibatkan kendaran penumpang jenis ELF Minibus dengan Nomor Polisi N 7023 ZJ (KR1), dan Truk Fuso Tronton dengan Nomor Polisi BK 8407 SE (KR2) tersebut, tercatat 5 korban meninggal dunia.

Sementara itu, 7 korban lainnya menderita luka ringan dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ungaran Kabupaten Semarang.

Jalan Tol Semarang-Solo sendiri merupakan salah satu ruas tol dengan nilai investasi besar yang pernah dibangun Indonesia.

Melintang sepanjang 72 kilometer, pembangunan jalan tol Semarang-Solo memiliki nili investasi sebesar Rp 7,304 Triliun. Jika dirata-rata maka pembangunan per kilometernya menghabiskan dana senilai Rp 100 miliar.

Jalan tol ini terbagi menjadi lima seksi, yakni Tembalang-Ungaran (seksi 1), Ungaran-Bawen (seksi 2), Bawen-Salatiga (seksi 3), Salatiga-Boyolali (seksi 4), dan Boyolali-Kartosuro (seksi 5).

Pembangunan tol ini telah berlangsung sejak awal tahun 2009 dan dimulai pada pembangunan seksi 1 Tembalang-Ungaran.

Sementara operasionalnya baru terjadi secara bertahap per seksi, di mana seluruhnya baru mulai beroperasi secara penuh pada Desember 2018.

Misalnya ruas tol Bawen-Salatiga terdapat 2 kilometer yang mendapat dukungan pemerintah dalam rangka menaikkan Internal Rate of Return (IRR)-nya.

"Kalau ruas Salatiga- Solo juga ada sekitar 3 kilometer yang dari APBN, berupa pembangunan jembatan," kata Basuki, saat ditemui pada Festival Jalan Tol (FJT) Jasa Marga yang digelar di ruas jalan tol Salatiga-Bawen, Minggu (13/8/2017) siang.

Dengan kehadiran jalan tol ini, jarak tempuh antara kota Semarang ke kota Solo bisa dipangkas menjadi 1,5 jam saja. 

Jalan tol ini juga dikenal dengan pemandangan alam yang indah disekitarnya, di mana Anda bisa menikmati pemandangan dari hamparan gunung Merbabu, gunung Ungaran, gunung Sindoro serta gunung Sumbing. 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/26/060000121/profil-tol-semarang-solo-lokasi-kecelakaan-maut-renggut-5-korban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke