Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Airlangga Puji Kementerian PUPR, Eksekusi Lelang Dini Tercepat

Bukan tanpa sebab, kata dia, Kementerian PUPR menjadi kementerian tercepat yang melaksanakan teken kontrak lelang dini dibandingkan lainnya.

"Ini adalah kementerian satu-satunya yang sampai saat ini berhasil melakukan tender dini. Arahan Bapak Presiden ke seluruh kementerian, namun memang PUPR hebat," tegas Airlangga dalam sambutannya pada penandatanganan kontrak tender tersebut, Senin (24/1/2022).

Dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, Indonesia diharapkan bisa kembali masuk jajaran upper middle income country (negara dengan pendapatan menengah ke atas) tahun 2025.

Menurut dia, hal itu bisa dicapai apabila pembangunan infrastruktur membaik. Karena, sektor tersebut mendorong ekonomi tanah air lebih efisien.

Dari 838 paket tersebut, 43 paket pekerjaan senilai Rp 43 miliar telah terkontrak pada akhir Desember 2020.

Sementara 795 paket pekerjaan senilai Rp 17,36 triliun telah selesai proses tender atau seleksi dan saat ini sudah dilaksanakan penandatanganan.

Pelaksanaan penandatangan ini dilakukan secara serentak oleh para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Penyedia Jasa dari Balai di Kementerian PUPR di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Selama ini, proses pengadaan barang dan jasa dilakukan melalui beberapa metode seperti tender/seleksi serta e-katalog sektoral PUPR untuk menjamin proses transparan, efektif, dan efisien.

Dengan begitu, diharapkan akan meningkatkan kualitas belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mendorong roda perekonomian nasional.

Menurutnya, modernisasi proses pengadaan barang dan jasa di Kementerian PUPR terus dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi, contohnya melalui e-monitoring dan e-katalog sektoral Kementerian PUPR.

Selain itu, Kementerian PUPR akan mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendorong kesejahteraan anak bangsa.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/01/24/163000521/airlangga-puji-kementerian-pupr-eksekusi-lelang-dini-tercepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke