Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tembus 80 Persen, Megaproyek JIS Masuk Instalasi Fasad dan Catwalk

Mengutip laman Instagram resmi JIS @jakintstadium, konstruksi JIS sudah mencapai progres 80,0013 persen per minggu ke-113 atau periode 22 Oktober 2021-28 Oktober 2021.

"Pembangunan Jakarta International Stadium masih berjalan hingga hari ini dan memasuki minggu ke-113 periode 22 sd 28 Oktober 2021 dengan capaian 80,0113%," tulis @jakinstadium, Senin (1/11/2021).

Progres konstruksi ini mengalami deviasi positif sebesar 1,44 persen dibandingkan yang direncanakan yaitu 78,56 persen.

Selain instalasi fasad dan catwalk, pekerjaan lainnya yang TENGAH dilakukan di megaproyek DKI Jakarta ini berupa bekisting balok perimeter sisi timur.

Kemudian, precast (pra-cetak) tribun timur, bekisting balok perimeter sisi selatan, pra-cetak tribun selatan, bekisting balok perimeter sisi barat, pra-cetak tribun barat, dan bekisting balok perimeter sisi utara.

Selanjutnya, pekerjaan pra-cetak tribun utara, lapangan utama field of play (FOP) dan pemasangan track beam (balok lintasan).

Lalu, pekerjaan penutupan atap metal sheet sisi selatan dan timur, area taman BMW, plafon gipsum, serta pintu jendela.

Proyek pembangunan JIS digarap konsorsium PT Wijaya Karya Bangunan Gedung, PT Jaya Konstruksi Tbk, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dengan skema kerja sama operasi (KSO).

Adapun anggaran yang digelontorkan Pemerintah untuk membangun stadion ini senilai Rp 4,08 triliun.

JIS dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi serta ditargetkan rampung pada akhir tahun 2021.

Stadion ini dirancang dengan kapasitas 82.000 penonton, dilengkapi atap yang bisa dibuka-tutup secara otomatis.

Beberapa stadion kenamaan dunia juga menerapkan kemampuan serupa, salah satunya Mercedes-Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat.

JIS menjadi stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybrid turf untuk lapangannya.

Asal tahu saja, rumput hybrid turf merupakan percampuran antara rumput alami dan sintetis.

Stadion modern ini dirancang sedemikian rupa sehingga membuat jarak tribun dan lapangan lebih dekat dengan tiga tingkatan, yakni lower tribun, middle tribun, dan upper tribun.

JIS juga memiliki beberapa fasilitas tertentu, seperti dua fasilitas lapangan latihan, restoran, ruang VIP, serta ruang ganti mewah.

Demikian halnya dengan fasilitas lainnya, seperti lahan parkir yang bisa menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP yang diperuntukkan para pemain sepak bola dan 100 bus di lahan parkir.

Di sekitar stadion kelak akan dibangun sejumlah fasilitas umum dan sosial yang mengutamakan seni, budaya, dan lingkungan.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/01/200000021/tembus-80-persen-megaproyek-jis-masuk-instalasi-fasad-dan-catwalk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke