Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Musim Hujan di Depan Mata, Gunakan Poliuretana, Tahan Air dan Serbaguna

Setiap tahunnya lantaran diterpa banjir, banyak orang mengalami kerugian material yang tidak sedikit terlebih menyangkut kerusakan rumah.

Bila Anda tinggal di daerah banjir, banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi risiko kerusakan. Salah satunya dengan menggunakan material poliuretana.

Seperti dikutip dari situs Dry Tech Corp, poliuretana merupakan salah satu material konstruksi yang memiliki sifat anti air terbaik.

Aplikasi material ini dapat menembus permukaan material lain secara mendalam dan merata.

Karena itu, membran poliuretana bisa mengisi retakan pada beton dan mengurangi kapasitas penyerapan airnya.

Selain tahan terhadap air, senyawa ini juga tahan terhadap minyak, deterjen, dan berbagai bahan kimia.

Karena karakteristiknya ini, poliuretana dianggap sebagai material tahan air yang paling serbaguna dan dapat diaplikasikan ke dinding, balkon atau teras.

Selain itu, poliuretana juga digunakan untuk membuat material yang kuat namun ringan, berkinerja baik, tahan lama serta serba guna.

Produk ini pun dapat membantu meningkatkan estetika desain rumah dan bangunan.

Tak hanya bersifat tahan air, poliuretana juga dinilai ramah lingkungan sehingga banyak diaplikasikan dalam bangunan yang telah menerapkan konsep green building.

Produk turunan poliuretana yakni busa semprot poliuretana (SPF) sering digunakan untuk menjaga kestabilan suhu ruangan dan ideal untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi karbon dioksida.

SPF juga membantu mengurangi kebocoran udara, yang dapat mengakibatkan lonjaka tagihan listrik.

Bahkan udara di dalam ruangan menjadi lebih berkualitas karena bahan ini mampu  menghilangkan infiltrasi debu dan alergen.

Awalnya, poliuretana digunakan dalam industri manufaktur dan pembuatan modular rumah.

Karena poliuretana memberikan fleksibilitas dan kokoh, memungkinkan kerangka modular rumah dapat berpidah lokasi tanpa adanya kerusakan.

Namun saat ini, material ini sudah diaplikasikan pembangunan rumah tinggal. Bahkan penggunaan poliuretana diklaim bisa membuat bangunan tahan akan gempa karena bisa merekatkan antar struktur bangunan secara sempurna.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/09/22/100000221/musim-hujan-di-depan-mata-gunakan-poliuretana-tahan-air-dan-serbaguna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke