Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mencegah Semut Muncul di Mangkuk Makanan Hewan Peliharaan

Kompas.com - 21/03/2024, 10:27 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut menjadi hama serangga yang sering menyerang rumah. Salah satunya, sering kali muncul di mangkuk makanan hewan peliharaan, baik kucing maupun anjing. 

Tentu saja, hal ini dapat menyebabkan kekhawatiran jika hewan peliharaan menelannya. 

Baca juga: 6 Aroma Minyak Esensial yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumah

Dilansir dari Ideal Home, Nigel Bearman, CEO dan Pendiri Daily Poppins, menjelaskan semut biasanya berkumpul setelah menemukan sumber makanan, terutama jika makanan hewan peliharaan tidak dimakan dan dibiarkan terbengkalai.

Meski umumnya tidak membahayakan, keberadaan semut di mangkuk hewan peliharaan dapat menjadi masalah jika membawa kuman atau kontaminan ke dalam makanan hewan.

Hal ini dapat menyebabkan makanan hewan membusuk lebih cepat serta mengganggu nafsu makan dan kesehatan sahabat bulu. 

Untungnya,mengusir semut dari rumah, termasuk makanan hewan peliharaan mudah dilakukan, tapi tidak semua cara tersebut aman untuk hewan. 

Jika Anda melakukan pencegahan kurang tepat, seperti memilih penggunaan bahan kimia, tentu sangat berbahaya apabila hewan peliharaan mengonsumsinya. 

Baca juga: 4 Cara Membasmi Semut dari Stopkontak

Cara membasmi semut dari mangkuk makanan hewan peliharaan 

Ilustrasi kucing makan.Shutterstock/AlexanderDubrovsky Ilustrasi kucing makan.
Jika melihat semut sudah mulai mendekat ke bungkus makanan hewan peliharaan, letakkan kantong tersebut jauh dari tempat berkumpulnya semut, seperti di tempat tinggi atau dalam lemari.

Jangan mencoba menyelamatkan persediaan makanan yang sudah terkontaminasi semut. Tempatkan semua makanan yang sudah terkontaminasi semut ke dalam kantong sampah, ikat bagian atasnya dengan erat, dan buang langsung ke tempat sampah.

Setelah itu, bersihkan mangkuk makanan hewan peliharaan dan area di sekitarnya. Jika masih ada semut berkeliaran, basmi semut menggunakan semprotan insektisida yang aman untuk hewan peliharaan, kemudian ambil langkah mencegah semut kembali.

Langkah pertama saat menghadapi serangan semut di rumah adalah mencari titik masuknya. Biasanya, semut masuk melalui celah-celah kecil di fondasi, dinding, jendela, pintu, atau di bawah pintu.

Selain itu, perhatikan area luar rumah yang sering dihuni semut untuk menemukan titik masuknya.

Untuk mengamankan pintu masuk, gunakan lem silikon untuk mengisi celah dan retakan pada fondasi dan dinding, kemudian pasang sapuan pintu, perbaiki sekat jendela atau pintu yang rusak, dan periksa celah di sekitar kabel dan pipa untuk diisi dengan lem silikon.

Dengan langkah-langkah ini, dapat mengurangi risiko dan membasmi semut dari rumah. 

Baca juga: 6 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut dari Rumah

Cara mengcegah semut muncul di mangkuk makanan hewan peliharaan 

Ilustrasi semut merah.iStockphoto/Suman Ghosh Ilustrasi semut merah.
Setelah melakukan antisipasi, selanjutnya lakukan cara mencegah semut muncul di mangkuk makanan hewan peliharaan dilansir dari Today’s Homeowner, Kamis, (21/3/2024), berikut ini. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com