Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2023, 12:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah salah satu hama penganggu di rumah. Tidak heran bermunculan cara mengusir semut, salah satunya dengan menggunakan jahe.

Dikutip dari House Digest, Kamis (31/8/2023), jahe adalah cara ramah lingkungan untuk mengusir semut dengan cepat dari rumah.

Efektivitas jahe dalam mengusir semut disebabkan oleh aromanya yang kuat, terutama berasal dari senyawa seperti gingerol dan zingiberene. Senyawa ini memiliki aroma menyengat yang tidak dapat ditangani semut karena mengganggu kemampuan mereka berkomunikasi dan bernavigasi.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Mengusir Semut dari Rumah dengan Bahan Alami

Ilustrasi jahePIXABAY/JOSEPH MUCIRA Ilustrasi jahe

Akibatnya, semut menjadi lebih ragu untuk memasuki area yang berbau seperti itu.

Ada beberapa cara mengusir semut menggunakan jahe. Yang pertama adalah dengan mengiris jahe dan meletakkannya di dekat celah dan celah tempat semut masuk.

Sebagai alternatif, untuk semut membandel yang ingin terus berada di rumah, Anda bisa memarut jahe segar dan membiarkannya di dalam tumpukan kecil di dekat titik masuk semut. Cara ini akan lebih mengeluarkan aroma yang harum dan pedas.

Jika Anda tidak memiliki jahe segar, Anda juga bisa menggunakan jahe bubuk.

Baca juga: 6 Cara Membuat Solusi Pengusir Semut Pakai Bahan yang Ada di Dapur

Meskipun penggunaan jahe untuk mengusir semut umumnya aman dan dianggap ramah lingkungan, ada beberapa hal yang perlu diingat saat menggunakannya dalam bentuk mentah.

Jaga permukaan di rumah tetap aman dan pastikan tidak bersentuhan dengan bahan berpori karena dapat meninggalkan noda. Sebaiknya letakkan jahe di piring kecil atau di dalam kantong kain untuk membantu mencegah kontak langsung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com