Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahan Alami untuk Mengusir Semut yang Mudah Didapatkan

Kompas.com - 14/08/2023, 20:56 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Healthline


JAKARTA, KOMPAS.com - Semut merupakan salah satu serangga yang paling sering dijumpai di rumah. Biasanya, semut banyak berkerumun di dekat makanan, terutama makanan yang manis.

Tak hanya mengganggu, semut juga bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit. Tapi, tenang saja karena ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir semut.

Dilansir dari Healthline, Senin (14/8/2023), berikut ini daftar bahan alami untuk mengusir semut di rumah yang mudah didapatkan.

Baca juga: Cara Mengusir Semut di Rumah Pakai Minyak Cengkeh

1. Lada

Jenis bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut yaitu lada. Aroma menyengat dari lada membuat semut pergi menjauh.

Ilustrasi lada bubukShutterstock/NIKCOA Ilustrasi lada bubuk

Cara mengusir semut dengan lada cukup dengan menaburkan lada di area yang dilalui semut. Tunggu beberapa saat dan semut akan menghindar dengan sendirinya.

2. Peppermint

Bahan alami lainnya yang juga bisa digunakan untuk mengusir semut yaitu peppermint. Cara menggunakannya cukup campurkan 10 sampai 20 tetes minyak esensial peppermint ke dalam 2 gelas air dalam botol semprot.

Lalu, semprotkan campuran di area yang dilalui semut. Biarkan campuran tersebut mengering dan semut tidak akan melalui tempat tersebut.

Baca juga: Cara Mengusir Semut di Rumah Pakai Merica

Namun, untuk menggunakan minyak esensial ini, pastikan tidak mengenai hewan peliharaan terutama kucing. Pasalnya, hewan peliharaan akan kesakitan apabila terkena minyak esensial.

3. Tea tree oil

Minyak esensial ini juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Caranya dengan mencampurkan 5 sampai 10 tetes tea tree oil ke dalam 2 gelas air dalam botol semprot.

Kemudian, semprotkan di sekitar rumah yang bisa dilalui semut. Sama seperti peppermint, tea tree oil juga harus dijauhkan dari hewan peliharaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com