Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aroma Minyak Esensial yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumah

Kompas.com - 15/03/2024, 18:00 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comSemut menjadi salah satu hama yang sering muncul di banyak rumah. Kehadiran semut di rumah tak lain karena adanya sumber makanan di rumah, seperti sisa makanan manis dan sampah di tempat sampah. 

Untungnya, membasmi semut di rumah mudah dilakukan, baik menggunakan bahan alami maupun kimia buatan. 

Baca juga: 4 Cara Membasmi Semut dari Stopkontak

Salah satu bahan alami yang ampuh digunakan untuk membasmi semut di rumah adalah menggunakan minyak esensial.

Minyak esensial memiliki aroma wangi yang efektif membasmi semut dari rumah, seperti pepermint dan cengkeh. Aroma ini juga dapat mengusir beberapa serangga lainnya yang mendekat ke minyak esensial. 

Mengusir semut menggunakan minyak esensial terbilang aman serta dapat mengharumkan ruangan.

Dilansir dari kanal The Spruce, Jumat (15/3/2024), berikut enam aroma minyak esensial yang ampuh mengusir semut dari rumah

Baca juga: 6 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut dari Rumah

Minyak pepermint

Ilustrasi semut merah.iStockphoto/Suman Ghosh Ilustrasi semut merah.
Kebanyakan manusia menyukai aroma khas pepermint, tapi tidak berlaku bagi semut. Serangga ini akan menjauh dari area yang beraroma pepermint.

Aroma mint yang kuat merupakan sinyal bagi semut untuk terus berjalan melewatinya dan akan menjauhkannya dari dapur atau area yang sering semut muncul. 

Minyak kayu cedar

Selanjutnya, aroma minyak esensial yang ampuh mengusir semut dari rumah adalah kayu cedar. Bau kayu cedarwood yang menyengat dapat membingungkan semut dan Anda dapat menyemprotkannya di sepanjang titik masuk.

Hal tersebut akan membuat semut mencari tempat lain untuk berkumpul. Aroma kayu cedar juga sangat ampuh membasmi semut kayu api. 

Baca juga: Cara Membasmi Semut dari Dapur dan Ragam Tanda Serangannya

Minyak kayu manis 

Kayu manis juga menjadi arom minyak esensial yang ampuh mengusir semut dari rumah. Aroma kayu manis yang khas ternyata cukup menyengat bagus semut serta menyebabkan semut tersedak dan mati. 

Minyak sereh

Aroma minyak esensial yang ampuh mengusir semut dari rumah adalah minyak sereh. Sebuah riset yang dilakukan American Kennel Club, Organisasi Pengasuhan Anjing asal Amerika Serikat, mengatakan selain dikenal mencegah gangguan nyamuk dan tawon, minyak sereh ampuh membasmi semut, bahkan membunuh semut. 

Baca juga: 4 Cara Mengusir Semut dari Rumah dengan Bahan Alami

Minyak cengkeh

Tea tree oil bisa digunakan membasmi kutu busuk.SHUTTERSTOCK/TATEVOSIAN ERIK Tea tree oil bisa digunakan membasmi kutu busuk.
Minyak cengkeh merupakan minyak pedas sekaligus hangat yang mengandung eugenol. Senyawa ini dapat mengusir semut dari rumah dengan efektif.

Karena khasiatnya, termasuk kemungkinan neurotoksin, minyak cengkeh juga dapat membunuh semut

Minyak eukaliptus

Terakhir, aroma minyak esensial yang ampuh mengusir semut dari rumah adalah eukaliptus atau kayu putih.

Penelitiam yang dilakukan  Biomed Research International menemukan semut tidak akan pernah berani menginjakkan kaki di area yang beraroma kayu putih.

Hal tersebut karena minyak kayu putih merupakan salah satu aroma yang paling tidak disukai semut. Aromanya yang kuat bisa mengaburkan bau makanan sehingga membuat semut bingung hendak menuju ke mana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com