Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2023, 08:06 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menambah sayuran hijau adalah cara terbaik memperpanjang panen kebun sayur. Sayuran hijau, seperti bayam, tumbuh paling baik saat suhu dingin.

Hal ini juga berarti benih bayam paling sering ditanam pada suhu dingin sehingga tanaman b dapat dipanen pada musim semi atau musim gugur. 

Baca juga: Cara Menanam Bayam di Pot, Lebih Sehat dan Subur

Faktanya, cuaca hangat dapat sangat mempengaruhi rasa tanaman bayam, menyebabkannya menjadi pahit atau keras.

Paparan suhu hangat yang terlalu lama bahkan dapat menyebabkan tanaman bayam menjadi mekar atau mulai berbunga dan menghasilkan biji.

Lantas, bisakah menanam bayam pada musim kemarau atau cuaca panas

Rupanya, keberhasilan menanam bayam pada musim kemarau atau akan bervariasi, tergantung pada iklim. 

Baca juga: Cara Menanam Bayam di Pot, Bisa Dilakukan di Halaman Rumah

Ilustrasi tanaman bayam di pot.Shutterstock/Julie Clopper Ilustrasi tanaman bayam di pot.

Mereka yang memiliki suhu musim kemarau yang sejuk mempunyai keberuntungan sedang. Sebagai solusi, jika ingin menanam bayam selama bulan-bulan yang lebih panas dalam setahun, harus mencari varietas bayam yang tahan cuaca panas. 

Varietas ini mungkin diberi label sebagai bayam "slow bolt" atau bayam yang tahan panas. Meski tidak menjamin tanaman bayam akan tumbuh pada musim kemarau atau cuaca panas, label ini akan meningkatkan peluang keberhasilan.

Perlu dicatat, benih yang ditanam di tanah yang terlalu hangat dapat menunjukkan tingkat perkecambahan yang buruk atau gagal tumbuh sama sekali. 

Baca juga: Simak, 5 Tips Menanam dan Merawat Bayam agar Tidak Pahit

Varietas bayam yang tahan cuaca panas

Ada empat varietas bayam yang tahan cuaca panas seperti dilansir dari Gardening Know How, Rabu (25/10/2023),

1. Bloomsdale longstanding: Varietas bayam dengan penyerbukan terbuka yang populer  ditanam pada musim panas.

Varietas bayam ini tumbuh baik di kebun karena dikenal karena kualitasnya yang tahan lama, bahkan ketika suhu mulai naik pada akhir musim semi dan awal musim panas.

2. Catalina: Varietas bayam hibrida semi-savoy yang dikenal karena rasanya yang ringan. Catalina adalah varietas bayam yang tahan terhadap cuaca panas, tumbuh cepat, dan sangat ideal untuk panen cepat dalam kondisi kurang ideal.

3. Indian summer:  Bayam ini tumbuh pada musim panas dan tumbuh sangat lambat. Kultivar ini juga dihargai karena ketahanannya terhadap penyakit.

4. Oceanside: Terakhir, varietas bayam yang tahan terhadap cuaca panas adalah oceanside. Tanaman ini juga tahan terhadap penyakit sehinga bisa menghasilkan bayam yang banyak. Kultivar ini telah terbukti tumbuh hingga pertengahan musim panas di beberapa daerah.  

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Magnesium Organik, Pakai Kulit Pisang dan Bayam

Alternatif varietas bayam musim kemarau 

Ilustrasi tanaman bayam di pekarangan rumah Ilustrasi tanaman bayam di pekarangan rumah
Meski ada beberapa varietas bayam yang tahan cuaca panas, banyak tukang kebun memilih unmengeksplorasi pertumbuhan bayam alternatif selama musim panas.

Pilihan ini termasuk tanaman, seperti bayam malabar, bayam Selandia Baru, dan orach. Semuanya memiliki rasa yang mirip seperti bayam tradisional, tetapi tidak keberatan dengan kondisi lebih hangat di kebun.

Namun, diperlukan penelitian yang cermat untuk membantu para petani menentukan apakah pilihan ini dapat dilakukan di kebun mereka sendiri atau tidak. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com