Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menata Kamar Mandi agar Lebih Teratur

Kompas.com - 08/09/2023, 12:48 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagi hari bisa menjadi waktu yang sibuk karena semua aktivitas dimulai, dari bekerja, bersekolah, dan bepergian lainnya.

Kamar mandi menjadi ruang pertama memulai hari untuk mandi dan sering digunakan semua anggota keluarga di rumah setiap harinya. 

Baca juga: 8 Cara Menghadirkan Suasana Spa di Kamar Mandi Tanpa Merombaknya

Karena itu, kamar mandi perlu ditata baik untuk memudahkan aktivitas pagi hari serta menghindari stres. 

Dikutip dari Real Simple, Jumat (8/9/2023), Jamie Hord, penyelenggara profesional dan pendiri Horderly—perusahaan layangan penataan barang profesional asal Amerika Serikat—membagikan sejumlah cara menata kamar mandi agar lebih teratur dan memudahkan aktivitas pada pagi hari. 

Singkirkan barang yang tidak perlu

Ilustrasi kamar mandi kecil bernuansa mewah dengan bathtub.UNSPLASH/SCREEN POST Ilustrasi kamar mandi kecil bernuansa mewah dengan bathtub.
Pisahkan barang-barang ke dalam ruang penyimpanan berdasarkan jenisnya sehingga Anda dapat melihat apa yang diperlukan dan tidak.

Jika menemukan barang yang sudah kedaluwarsa atau tidak terpakai, singkirkan dari kamar mandi. Pastikan hanya menyimpan produk yang benar-benar digunakan di kaamr mandi dan menata ulang produk berlebih ke tempat lain di rumah. 

Baca juga: 8 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kamar Mandi

Buat tempat khusus untuk setiap orang

Lebih baik membuat tempat khusus untuk masing-masing anggota keluarga guna menyimpan perlengkapan mereka selain di kamar mandi.

Dengan ini, setiap orang akan lebih mudah menemukan barang-barang yang dibutuhkan dan mencegah setiap penghuni rumah berebut barang-barang mereka di kamar mandi

Kelompokkan produk khusus rutinitas pagi

Salah satu cara menata kamar mandi dan membuat rutinitas pagi lebih efisien serta hemat waktu adalan mengelompokkan produk yang Anda gunakan secara bersamaan.

Tempatkan semua produk perawatan kulit di laci atau rak yang sama atau menggunakan satu keranjang untuk mengelompokkan produk-produk yang digunakan. 

Baca juga: 6 Kesalahan Merenovasi Kamar Mandi yang Harus Dihindari 

Beri label pada barang

Ilustrasi kamar mandi.Unsplash/backbone_visuals Ilustrasi kamar mandi.
Memberi label pada setiap barang juga dapat menjadi cara menata kamar mandi. Selain itu, memudahkan menemukan barang yang dibutuhkan dan mengembalikannya ke tempatnya.

Buat label yang jelas serta mudah dibaca atau menggunakan pita perekat.

Kurang rutinitas pagi hari 

Mulailah dengan meninjau rutinitas pagi hari Anda dan tanyakan pada diri sendiri apakah benar-benar membutuhkan semua produk yang digunakan di kamar mandi, seperti sabun, sampon, dan perawatan tubuh lainnya. 

Jika Anda tidak yakin, cobalah berhenti menggunakan produk tertentu selama beberapa minggu dan lihat apakah melihat perbedaan.

Dengan mengurangi rutinitas pada pagi hari yang dilakukan di kamar mandi, hal ini akan membuat lebih hemat waktu dan tentunya membuat kamar mandi lebih tertata. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com