Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Harus Membalik Kasur agar Tahan Lama?

Kompas.com - 04/07/2023, 15:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur adalah investasi besar di rumah, tetapi hanya sedikit orang yang mempertimbangkan cara memperpanjang umur kasur. Membalik kasur tidak hanya dapat memperpanjang umurnya, tetapi juga memberi tidur malam yang lebih nyenyak lebih lama.

Dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (4/7/2023), setelah Anda menghabiskan waktu mencari dan membeli kasur, penting untuk mengetahui bahwa kasur terbaik pun perlu dibalik atau diputar sesekali.

Meskipun demikian, seberapa sering harus membalik kasur tergantung pada jenis kasur Anda.

Baca juga: 11 Cara Merawat Kasur agar Tahan Lama, Mudah Dilakukan

Ilustrasi kasur, memilih kasur.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kasur, memilih kasur.

Rata-rata, kita menghabiskan sepertiga dari setiap hari untuk tidur, jadi penting bahwa kasur memberi kita tingkat kenyamanan yang sesuai dengan preferensi kita dan dukungan keseluruhan yang baik saat kita tidur, kata Steve Adams, CEO Mattress Online.

Pun kasur dengan pelapis kasur terbaik perlu diputar dan dibalik, terlepas dari ilusi perlindungan yang tampaknya diberikan oleh pelapis kasur tersebut.

Apakah Anda perlu membalik kasur atau tidak tergantung pada jenis kasur yang Anda miliki,' jelas Martin Gill, direktur pelaksana And So To Bed.

Kasur dua sisi dapat dibalik dan, untuk tiga bulan pertama setelah pembelian, harus dibalik seminggu sekali. Setelah itu, cukup sebulan sekali, saran Gill.

Baca juga: Mau Beli Kasur Memory Foam? Perhatikan Ini Dulu

Kasur satu sisi, seperti yang memiliki memory foam di atasnya, harus diputar dari ujung kepala hingga ujung kaki seminggu sekali selama tiga bulan pertama setelah pembelian untuk mencegah penurunan dan gumpalan pada kasur. Setelah itu, lakukan rotasi sebulan sekali.

Untuk kasur serat alami, disarankan agar Anda membalik kasur dua kali seminggu selama tiga bulan pertama dan setiap beberapa bulan setelahnya. Hal ini untuk mendorong penyelesaian isian matras yang alami dan merata, sehingga memperpanjang usia kasur, ungkap Gill.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com