Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Benda di Kamar Mandi yang Sering Lupa Dibersihkan, Apa Saja?

Kompas.com - 27/04/2023, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang rentan kotor serta memiliki banyak kuman dan bakteri.

Ditambah, kamar mandi menjadi ruangan sibuk yang diakses semua anggota keluarga di rumah. Tak heran, kondisi ini menjadikan kamar mandi area yang perlu mendapat perhatian dalam hal pembersihan. 

Baca juga: Shower Vs Bathtub, Mana yang Sebaiknya Dipilih untuk Kamar Mandi?

Karena itu, kamar mandi harus dibersihkan secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dan bau.

Membersihkan kamar mandi dapat dilakukan secara harian maupun mingguan. Untuk harian, membersihkan kamar mandi hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit, sedangkan pembersihan mingguan hanya dalam waktu 15-20 menit.

Namun, saat membersihkan kamar mandi, ada beberapa area dan benda yang terlewatkan dibersihkan. Apa saja? 

Dikutip dari Howstuffworks, Kamis (27/4/2023), berikut sejumlah benda di kamar mandi yang sering lupa dibersihkan.  

Baca juga: Mudah, Cara Membersihkan Kerak Sabun di Dinding dan Lantai Kamar Mandi

Kepala shower 

Ilustrasi shower, tagihan air, penggunaan air. SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINEN Ilustrasi shower, tagihan air, penggunaan air.
Seiring waktu, endapan mineral akan mulai menyumbat shower sehingga air yang awalnya deras menjadi kecil. Namun, shower kerap terlupakan saat membersihkan kamar mandi, padahal cukup mudah dilakukan. 

Caranya, tuangkan cuka putih ke dalam kantong plastik, lalu ikat ke kepala shower, dan diamkan semalaman.

Setelah itu, lepaskan kantong plastik dan gosok kepala shower menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan residu yang menempel. Kotoran-kotoran tersebut akan terlepas, shower akan kembali bersih dan mengeluarkan air yang deras. 

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Kamar Mandi agar Nyaman dan Menarik

Tirai kamar mandi

Selanjutnya, benda di kamar mandi yang sering lupa dibersihkan adalah tirai kamar mandi. Tirai ini ternyata menjadi magnet bagi jamur dan kotoran. 

Padahal, membersihkan tirai kamar mandi mudah dibersihkan. Jika tira terbuat dari bahan alami, seperti rami atau katun, cucilah dengan air panas di mesin cuci. 

Apabila jamur sudah mulai berkoloni dan membentuk sistem politik, tambahkan seperempat cangkir pemutih ke dalam air. Namun, jika jamur hanya sedikit, cukup gunakan detergen. 

Anda juga bisa mencuci tirai kamar mandi berbahan vinil atau sintetis selama menjaga air tetap hangat. Perhatikan juga pelapis tirai kamar mandi berbahan vinil dengan menggosoknya menggunakan rasio pemutih dan air 1:10.  

Baca juga: Cara Membuat Kamar Mandi Kecil Tampak Luas dengan Cermin

Dasar dan pegangan kloset 

Ilustrasi kloset.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kloset.
Tidak ada yang mau menggosok bagian dasar kloset. Namun, saat melakukannya, seluruh kamar mandi akan menjadi lebih wangi serta mecegah pertumbuhan jamur. 

Mulailah menggunakan semprotan disinfektan atau cuka putih murni dan siram bagian dasar kloset porselen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com